Boeing 737-800 Hancur Setelah Jatuh di China, Begini Penampakannya

ADVERTISEMENT

Boeing 737-800 Hancur Setelah Jatuh di China, Begini Penampakannya

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 22 Mar 2022 09:15 WIB
Beijing -

Pesawat Boeing 737-800 milik maskapai China Eastern Airlines yang jatuh di Guangxi, China bagian selatan, dilaporkan benar-benar hancur. Foto dari lokasi menunjukkan puing pesawat, yang salah satunya diduga bagian sayap, tersebar di lereng pegunungan.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (22/3/2022), pesawat dengan nomor penerbangan MU5735 yang membawa 132 orang itu terjatuh saat mengudara dari Kunming menuju Guangzhou pada Senin (21/3) waktu setempat.

Otoritas Penerbangan Sipil China (CAAC) menyatakan pesawat jatuh di dekat kota Wuzhou, Guangxi. Penyebab jatuhnya pesawat belum diketahui secara jelas.

Lebih dari 18 jam usai pesawat dilaporkan hilang kontak, otoritas China belum juga mengumumkan jumlah korban jiwa dalam insiden ini.

In this photo taken by mobile phone released by Xinhua News Agency, a piece of wreckage of the China Eastern's flight MU5735 are seen after it crashed on the mountain in Tengxian County, south China's Guangxi Zhuang Autonomous Region on Monday, March 21, 2022. A China Eastern Boeing 737-800 with 132 people on board crashed in a remote mountainous area of southern China on Monday, officials said, setting off a forest fire visible from space in the country's worst air disaster in nearly a decade. (Xinhua via AP)Penampakan puing Boeing 737-800 yang jatuh di China Foto: Xinhua via AP

Namun laporan media lokal Shanghai, People's Daily, yang mengutip seorang pejabat departemen pemadam kebakaran provinsi setempat menyebut tidak ada tanda-tanda kehidupan di antara puing-puing pesawat yang berserakan di lokasi.

Laporan media lokal China lainnya yang mengutip petugas penyelamat setempat menyebut pesawat telah hancur dan memicu kebakaran yang menghanguskan hutan bambu setempat.

Sementara data dari situs pelacakan penerbangan FlightRadar24 menyebut pesawat mengudara dengan kecepatan 455 knot di ketinggian 29.000 kaki ketika tiba-tiba menukik secara tajam dan cepat sekitar pukul 12.20 waktu setempat.

Pesawat disebut jatuh setinggi 7.400 kaki sebelum kembali naik dan mencapai ketinggian 1.200 kaki, sebelum kembali menukik. Pesawat berhenti mentransmisikan data sekitar 96 detik usai mulai terjatuh.

(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT