Bulgaria dan 3 Negara Baltik Kompak Usir Diplomat Rusia!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 19 Mar 2022 10:52 WIB
Rusia melakukan invasi ke Ukraina sejak 24 Februari lalu. Invasi itu meninggalkan jejak kerusakan di sejumlah kota di Ukraina. Begini penampakannya.
kerusakan di Ukraina akibat invasi Rusia (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Tiga negara Baltik -- Latvia, Estonia dan Lithuania -- kompak mengusir total sepuluh diplomat Rusia sebagai respons atas invasi Rusia ke Ukraina.

Dilansir dari kantor berita Reuters, Sabtu (19/3/2022), Lithuania mengusir empat diplomat Rusia, sementara Latvia dan Estonia masing-masing mengusir tiga diplomat.

Para diplomat Rusia itu diusir dalam langkah terkoordinasi "sehubungan dengan kegiatan yang bertentangan dengan status diplomatik mereka dan dengan mempertimbangkan agresi Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina," demikian cuitan Menteri Luar Negeri Latvia Edgars Rinkevics di Twitter.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Estonia mengatakan telah mengusir diplomat-diplomat Rusia karena mereka "secara langsung dan aktif merusak keamanan Estonia dan menyebarkan propaganda yang membenarkan tindakan militer Rusia."

Hal senada disampaikan pemerintah Lithuania yang mengatakan telah menyampaikan kepada empat diplomat Rusia bahwa mereka harus meninggalkan negara itu.

"Serangan militer Rusia terhadap warga sipil, objek sipil, rumah sakit, sekolah, bangsal bersalin, dan objek budaya adalah kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan," kata Menteri Luar Negeri Lithuania Gabrielius Landsbergis.

"Layanan khusus Rusia secara aktif terlibat dalam mengorganisir kejahatan ini terhadap penduduk Ukraina yang damai, jadi kami tidak ingin perwakilan dari struktur ini berjalan di tanah kami dan menimbulkan ancaman bagi keamanan nasional Lituania," imbuhnya.

"Keputusan itu telah dikoordinasikan dengan Lithuania dan Estonia," tambahnya.

Simak Video: Kota Kiev Dikepung Militer Rusia, Bangunan Tempat Tinggal Hancur

[Gambas:Video 20detik]