Polisi Bebaskan Eks PM Bulgaria Usai Sehari Ditangkap Terkait Korupsi

Farih Maulana Sidik - detikNews
Sabtu, 19 Mar 2022 03:24 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Sofia -

Polisi membebaskan mantan Perdana Menteri (PM) Bulgaria Boyko Borisov pada Jumat (18/3), sehari setelah ditangkap sebagai bagian dari penyelidikan korupsi Uni Eropa. Pria berusia 62 tahun itu dan beberapa anggota partainya ditangkap dalam penyelidikan terkait penyalahgunaan dana bantuan Uni Eropa.

"Mereka datang ke rumah saya saat kami sedang makan malam," kata Borisov setelah dibebaskan dalam komentar yang disiarkan di televisi seperti dilansir dari AFP, Sabtu (19/3/2022).

Saat rumahnya digeledah, Borisov menyebut polisi tidak menemukan apapun terkait dugaan kasus korupsi tersebut.

"Tidak menemukan apapun dan ketika saya pikir mereka akan pergi, mereka mengatakan kepada saya: Kami harus menangkap Anda," ucapnya.

"Itu brutal dan menjijikkan. Kami telah kembali ke masa komunisme."

Borisov mengatakan dirinya tidak didakwa. Jaksa belum mengomentari hasil penahanannya.

Ratusan pendukung Borisov berdemo memprotes penangkapannya di pusat ibu kota pada Jumat pagi. Mantan PM yang konservatif itu telah dilanda serangkaian tuduhan korupsi selama bertahun-tahun, tetapi dia telah membantah melakukan kesalahan.

Jaksa Eropa mengatakan mereka telah membuka 120 penyelidikan penipuan terkait dengan berbagai tender publik dan subsidi.

Menteri Keuangan Bulgaria Assen Vassilev mengatakan Borisov dituduh menerima suap dari seorang raja judi dengan imbalan potongan pajak.

Lihat juga video 'Jaksa Agung Jelaskan soal Korupsi di Bawah Rp 50 Juta Tak Dipenjara':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)