ADVERTISEMENT

Pulau Luzon di Filipina Diguncang Gempa M 6,4

Tim detikcom - detikNews
Senin, 14 Mar 2022 08:44 WIB
Ilustrasi gempa
Ilustrasi (dok. AFP)
Manila -

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,4 mengguncang Luzon, pulau utama Filipina, pada Senin (14/3) pagi waktu setempat. Belum ada laporan kerusakan akibat gempa bumi ini.

Seperti dilansir AFP, Senin (14/3/2022), gempa bumi kuat namun dangkal ini tercatat mengguncang wilayah yang berjarak 110 kilometer dari Morong di Provinsi Bataan, Luzon, pada Senin (14/3) pagi, sekitar pukul 05.05 waktu setempat.

Getaran gempa ini turut dirasakan oleh warga yang tinggal di dekat ibu kota Manila, dengan kebanyakan dari mereka terbangun dari tidur saat gedung-gedung berguncang kuat.

Gempa bumi dangkal biasanya memicu kerusakan lebih besar dibanding gempa yang pusatnya lebih dalam. Namun Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina menuturkan bahwa diperkirakan tidak ada kerusakan akibat gempa bumi ini.

"Gempat itu kuat dan bergetar seolah-olah menari ke samping," ucap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kepolisian kota Lubang di Occidental Mindoro, Luzon, Letnan Aristotle Calayag.

"Orang-orang terbiasa dengan gempa bumi semacam ini sehingga mereka tidak bergegas pergi keluar atau panik," imbuhnya.

Kepala Kepolisian Morong, Kapten Michelle Gaziola, menuturkan kepada AFP bahwa gempa ini tergolong 'sedikit kuat namun singkat'.

"Kami baik-baik saja. Kebanyakan orang masih tertidur," ucapnya.]

Simak juga 'BMKG Mencatat 4 Gempa Susulan usai Gempa M 6,7 Nias':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT