ADVERTISEMENT

Ngeri! Wali Kota Meksiko Tewas Ditembak Penyerang Tak Dikenal

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 11 Mar 2022 14:03 WIB
A shot is fired by Canadas Zina Kocher as she competes in the Womens Biathlon 4x6 km Relay at the Laura Cross-Country Ski and Biathlon Center during the Sochi Winter Olympics on February 21, 2014, in Rosa Khutor, near Sochi.  AFP PHOTO / KIRILL KUDRYAVTSEV        (Photo credit should read KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP/Getty Images)
Ilustrasi (dok. AFP)
Mexico City -

Wali Kota Aguililla di Meksiko tewas ditembak oleh sejumlah pria bersenjata tak dikenal. Penembakan maut ini terjadi di negara bagian Michoacan, yang diguncang perang mematikan antara kartel-kartel narkoba yang saling bermusuhan.

Seperti dilansir AFP, Jumat (11/3/2022), sejumlah personel militer Meksiko yang dikerahkan ke lokasi penembakan menuturkan kepada AFP bahwa Wali Kota Aguililla Cesar Valencia ditembak mati oleh sejumlah penyerang tak dikenal pada Kamis (10/3) waktu setempat.

Valencia ditembak saat bepergian dengan kendaraan dinas di dekat sebuah lapangan sepakbola di kota tersebut. Menurut para personel militer Meksiko itu, Valencia mengalami sedikitnya dua luka tembakan di bagian dada dan leher.

"Kami mengecam keras pembunuhan itu," tegas Gubernur Michoacan Alfredo Ramirez Bedolla dalam pernyataan via Twitter.

"Saya telah merilis instruksi untuk menyelidiki peristiwa itu secara menyeluruh... dan untuk menghukum mereka yang bertanggung jawab," imbuhnya.

Diketahui bahwa kartel narkoba setempat kerap terlibat bentrokan untuk memperebutkan kendali atas rute penyelundupan narkoba di Michoacan.

Belum diketahui secara jelas motif penembakan terhadap Valencia tersebut. Namun para Wali Kota dan politikus daerah di Meksiko kerap menjadi korban tindak kekerasan yang berkaitan dengan korupsi dan jalur perdagangan narkotika senilai miliaran dolar Amerika.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT