Foto Satelit Tunjukkan Konvoi Militer Rusia Sepanjang 64 Km Menuju Kiev!

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 01 Mar 2022 10:32 WIB
Kiev -

Sejumlah citra satelit terbaru dari Maxar Technologies menunjukkan konvoi militer Rusia yang lebih panjang dari perkiraan bergerak menuju pusat kota Kiev, Ukraina. Disebutkan iring-iringan kendaraan militer Rusia ini mencapai puluhan kilometer panjangnya.

Seperti dilansir CNN, Selasa (1/3/2022), Maxar dalam pernyataannya pada Senin (28/2) malam melaporkan bahwa konvoi militer Rusia itu mencapai lebih dari 40 mil atau sekitar 64 kilometer.

Disebutkan Maxar kepada CNN bahwa konvoi kendaraan militer Rusia itu terdiri atas kendaraan-kendaraan lapis baja, tank, artileri dan kendaraan logistik lainnya.

Pihak Maxar terus memperbarui informasinya dengan menganalisis citra satelit tambahan yang dikumpulkan secara berkala.

Maxar menyatakan bahwa data dan pencitraan satelit yang diambil pada Senin (28/2) menunjukkan konvoi Rusia itu membentang dari pangkalan udara Antonov -- yang berjarak 17 mil atau 27 kilometer dari pusat kota Kiev -- hingga sebelah utara Pribyrsk.

Untuk menggambarkan seberapa jauh wilayah Pribyrsk dari Kiev, diketahui bahwa kota kecil itu terletak lebih dekat dengan perbatasan Ukraina-Belarusia dan pembangkit nuklir Chernobyl dibandingkan dengan ibu kota Ukraina.

Ditekankan juga oleh Maxar dalam analisisnya bahwa kepulan asap membubung dari sejumlah rumah dan gedung di sebelah utara dan barat laut Ivankiv, dekat dengan ruas jalanan di mana konvoi itu terpantau satelit. Pada saat ini, tidak diketahui jelas apa penyebab kepulan asap itu.

Menurut Maxar, sejumlah ruas jalanan dipadati kendaraan militer hingga memicu kemacetan lalu lintas.

Sebelumnya pada Minggu (27/2) waktu setempat, Maxar memantau konvoi masih mencapai panjang 3,5 mil atau setara 5,6 kilometer saat terdeteksi masih berada di dekat Ivankiv.

(nvc/ita)