Sepakati Dialog, Ukraina-Rusia Tengah Bahas Tempat dan Waktu Berunding

ADVERTISEMENT

Sepakati Dialog, Ukraina-Rusia Tengah Bahas Tempat dan Waktu Berunding

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 26 Feb 2022 11:31 WIB
Kiev -

Komunikasi tengah terjalin antara Ukraina dan Rusia setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyatakan siap untuk berdialog membahas gencatan senjata. Pembahasan soal tempat dan waktu berunding dilaporkan tengah berlangsung.

Seperti dilansir Daily Mail dan RT, Sabtu (26/2/2022), komunikasi yang terjalin antara otoritas Ukraina dan Rusia ini menjadi isyarat pertama bagi perundingan potensial antara kedua negara yang sedang berperang.

"Ukraina telah dan tetap siap untuk berbicara soal gencatan senjata dan perdamaian. Ini posisi konstan kami," sebut juru bicara Zelensky, Sergii Nykyforov, dalam pernyataan via Facebook pada Sabtu (26/2) waktu setempat.

"Kami menyetujui proposal Presiden Federasi Rusia. Selama jam-jam ini, konsultasi tengah berlangsung antara para pihak soal tempat dan waktu untuk proses negosiasi," ungkapnya.

"Semakin cepat negosiasi dimulai, semakin besar peluang untuk kembali ke kehidupan normal," cetus Nykyforov dalam pernyataannya.

Kremlin atau kantor kepresidenan Rusia sebelumnya menawarkan untuk bertemu dengan para pejabat Ukraina di ibu kota Minsk, Belarusia. Namun Ukraina mengajukan Warsawa, Polandia, sebagai lokasi pertemuan, yang sempat memicu 'jeda' dalam komunikasi kedua negara.

Hal itu yang disinyalir membuat Rusia sempat menyebut pemimpin Ukraina 'menghilang' setelah awalnya menyetujui negosiasi.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT