Erdogan: NATO Harusnya Ambil Langkah Lebih Tegas Soal Invasi Rusia

ADVERTISEMENT

Erdogan: NATO Harusnya Ambil Langkah Lebih Tegas Soal Invasi Rusia

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 25 Feb 2022 19:07 WIB
Ankara -

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melontarkan kritikan terhadap aliansi NATO dan Uni Eropa setelah Rusia menyerang Ukraina. Baik NATO maupun Uni Eropa, dianggap oleh Erdogan, telah gagal mengambil 'sikap tegas' dalam menghadapi invasi Rusia ke Ukraina.

"NATO seharusnya mengambil langkah yang lebih tegas," kata Erdogan dalam pernyataan kepada wartawan, seperti dilansir AFP, Jumat (25/2/2022).

Kritikan itu dilontarkan Erdogan meskipun Turki sendiri juga anggota dari aliansi NATO.

"Uni Eropa dan (lembaga-lembaga) pro-Barat telah gagal mengambil sikap serius dan tegas saat ini. Mereka semua cuma memberikan banyak nasihat untuk Ukraina," cetus Erdogan dalam pernyataannya.

Saat Rusia memulai invasinya ke Ukraina pada Kamis (24/2) waktu setempat, Erdogan dengan tegas mengutuk Rusia. Dia menyebut invasi itu sebagai "pukulan berat bagi perdamaian dan stabilitas regional."

Sementara Kementerian Luar Negeri Turki mendesak Moskow untuk segera menghentikan invasi yang disebut "tidak adil dan melanggar hukum" itu.

"Kami menganggap operasi militer ini ... tidak dapat diterima dan menolaknya," kata Kementerian Luar Negeri Turki dalam sebuah pernyataan.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT