Politisi Republik Olok-olok Biden Soal Invasi Rusia ke Ukraina

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 25 Feb 2022 11:11 WIB
President Joe Biden speaks about Ukraine in the Roosevelt Room of the White House, Friday, Feb. 18, 2022, in Washington. (AP Photo/Alex Brandon)
Presiden AS Joe Biden (Foto: AP Photo/Alex Brandon)
Washington DC -

Para politisi partai Republik menyalahkan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden atas invasi Rusia ke Ukraina. Mereka menuduh Biden telah membuat Rusia berani melakukan serangan ke Ukraina karena serangkaian kesalahan kebijakan.

Dilansir dari AFP, Jumat (25/2/2022), tokoh politik sayap kanan dan para komentator politik menuduh Biden lemah dan terlihat mendukung niat Pemimpin Rusia Vladimir Putin untuk menyerang Ukraina.

"Trump (mantan presiden Donald Trump -red) melakukan hal yang mustahil dan membawa perdamaian ke Timur Tengah. Biden melakukan hal yang mustahil dan membawa perang ke Eropa," kata anggota kongres Arizona Paul Gosar yang merupakan salah satu pendukung paling setia Trump.

"Vladimir Putin melihat betapa lemahnya Presiden Biden sebagai pemimpin dunia dan memanfaatkannya sepenuhnya. Ini akan menjadi krisis lain untuk menambah resumenya yang gagal," ujar perwakilan Michigan yang didukung Trump, Lisa McClain.

Rentetan serangan ke Biden itu datang beberapa jam sebelum Biden berbicara dari Gedung Putih, mengumumkan sanksi baru yang keras terhadap Moskow. Sanksi itu termasuk membekukan aset bank-bank besar Rusia dan menghentikan ekspor teknologi tinggi ke negara itu.

Para politisi partai Republik di Dewan Perwakilan Rakyat berusaha mempermalukan Biden pada hari Selasa dengan men-tweet foto Biden berjalan menjauh dari podium setelah dia mengumumkan sanksi awal terhadap Rusia.

Keterangan foto berbunyi: 'Seperti inilah kelemahan di panggung dunia'.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Biden Makin Ngamuk, AS Sanksi Besar-besaran Ekonomi Rusia':

[Gambas:Video 20detik]