Banjir Bandang Terjang Australia, 1 Orang Tewas-10 Hilang

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 23 Feb 2022 11:02 WIB
Pedestrians walk in heavy rain in the central business district of Sydney on February 22, 2022. (Saeed KHAN/AFP)
Pejalan kaki berjalan di tengah hujan deras yang mengguyur Sydney, Australia (Saeed KHAN/AFP)
Queensland -

Hujan deras yang terus mengguyur telah memicu banjir bandang di wilayah Australia bagian timur. Sedikitnya satu orang tewas tenggelam dan 10 orang lainnya dilaporkan hilang.

Seperti dilansir AFP, Rabu (23/2/2022), situasi banjir ini memicu serangkaian peringatan darurat di sepanjang pantai Pasifik. Premier Queensland, Annastacia Palaszczuk, menyebut insiden ini sebagai 'tragedi'.

Jenazah seorang warga berusia 60 tahun yang tewas tenggelam ditemukan pada Rabu (23/2) pagi waktu setempat di negara bagian Queensland.

Hujan deras terus mengguyur sebagian wilayah Queensland selama 24 jam terakhir, yang memicu penutupan sejumlah ruas jalanan dan kekacauan transportasi.

Dinas urusan darurat setelah telah menerima lebih dari 100 panggilan minta bantuan dan petugas penyelamat telah dikerahkan untuk mengevakuasi puluhan warga yang terjebak banjir.

"Ini berpotensi menjadi peristiwa curah hujan yang signifikan untuk wilayah Queensland bagian tenggara," sebut Palaszczuk saat berbicara kepada parlemen setempat.

Sebuah rangkaian kereta barang terbalik di dekat kota Gympie, namun sang masinis dilaporkan hanya mengalami luka ringan.