Korban Tewas Topan Batsirai di Madagaskar Bertambah Jadi 92 Orang

ADVERTISEMENT

Korban Tewas Topan Batsirai di Madagaskar Bertambah Jadi 92 Orang

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 10 Feb 2022 02:04 WIB
Angin topan di Denver, Colorado
Ilustrasi (Foto: Silver Lining Tours)
Antananarivo -

Korban tewas akibat topan Batsirai di Madagaskar telah bertambah menjadi 92 orang. Selain itu, sebanyak lebih dari 110 ribu orang masih membutuhkan bantuan darurat imbas bencana tersebut.

Dilansir dari AFP, Kamis (10/2/2022), Kantor Nasional untuk Manajemen Risiko dan Bencana (BNGRC) Madagaskar merilis data dari daerah yang paling parah terkena dampak. BNGRC melaporkan bahwa 71 orang tewas berada di Distrik Ikongo, dekat pantai timur negara kepulauan di Samudra Hindia itu.

Direktur Jenderal BNGRC, Paolo Emilio Raholinarivo mengatakan topan Batsirai yang terjadi pada akhir pekan lalu itu telah menyebabkan 112 ribu orang membutuhkan bantuan darurat. Ada sebanyak 61 ribu orang terpaksa mengungsi dari rumah mereka akibat bencana alam itu.

"Ini kehancuran di sini," kata Brunelle Razafintsiandrofa, seorang anggota parlemen dari Ikongo yang berbicara kepada AFP melalui telepon.

"Sebagian besar korban meninggal setelah rumah mereka runtuh," tambahnya.

Banyak LSM dan badan-badan PBB telah mulai mengerahkan sumber daya dan tim untuk membantu para korban topan yang membawa hujan lebat dan angin dengan kecepatan 165 kilometer (102 mil) per jam.

Prancis telah mengirim 60 pekerja darurat untuk membantu mendirikan fasilitas pemurnian air minum, dan menerbangkan drone untuk menilai kerusakan di area yang sulit dijangkau.

Topan tropis menghantam Madagaskar pada Sabtu (5/2) malam, di daerah pesisir timur sepanjang 150 kilometer, berpenduduk jarang dan pertanian. Saat bergerak ke daratan, topan itu menyebabkan banjir yang merusak sawah di pusat negara itu. Kejadian itu meningkatkan kekhawatiran akan krisis kemanusiaan.

(fas/fas)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT