Badai Terjang Jerman-Polandia-Ceko, 3 Orang Tewas

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 31 Jan 2022 03:11 WIB
Badai hebat menewaskan lima orang di Jerman, Polandia, dan Ceko
Ilustrasi badai di Jerman (Foto: BBC World)
Berlin -

Badai menerjang sejumlah negara di Eropa Tengah. Angin kencang bahkan menumbangkan pepohonan dan membuat kekacauan perjalanan di Jerman, Polandia, dan Republik Ceko hingga dilaporkan ada 3 orang tewas.

Dilansir dari AFP, Senin (31/1/2022), seorang pria berusia 58 tahun di Kota Beelitz dekat ibu kota Jerman, Berlin, pada Sabtu malam dilaporkan menjadi salah satu korban yang tewas. Pria itu tertimpa sebuah poster pemilu yang jatuh pada saat dirinya berjalan dengan pasangannya.

Negara tetangga Jerman, Republik Ceko juga melaporkan ada korban yang tewas karena badai yang terjadi pada Minggu (30/1). Adalah seorang pria berusia 70 tahun tewas ketika angin merobohkan dinding gudang yang sedang dibangun di Velke Pritocno di sebelah barat Praha. Sementara seorang pria lainnya terluka dalam kecelakaan itu.

Pemadam kebakaran Polandia juga melaporkan seorang yang tewas dan lima terluka dalam badai angin tersebut.

Tak hanya itu, sebuah pohon tumbang juga melukai seorang pejalan kaki di Kota Bremen, Jerman Utara. Sementara di wilayah timur laut Mecklenburg-Western Pomerania, seorang pengendara sepeda motor terluka parah setelah bertabrakan dengan pohon yang tumbang.

Cabang dan pohon yang tumbang mengganggu layanan kereta api jarak jauh pada Sabtu (29/1) malam dan Minggu (30/1) di Jerman Utara dan Timur. Terutama antara Berlin, Bremen dan Hamburg.

Transportasi di negara tetangga Republik Ceko dan Polandia juga terpengaruh. Sebanyak 70 penumpang terdampar di kereta yang tidak bergerak dari Budapest ke Praha di tenggara Republik Ceko tanpa listrik dan pemanas selama lebih dari empat jam karena angin telah merusak saluran udara.

Ratusan ribu rumah tangga di wilayah tersebut dilanda pemadaman listrik. Petugas pemadam kebakaran Berlin meminta warga untuk tinggal di rumah saat angin kencang menerpa kota itu sejak Sabtu malam.

Kota pelabuhan pasar ikan Hamburg yang terkenal dibanjiri dan puing-puing merusak beberapa kendaraan jalan.

Simak juga 'Cegah Migran Ilegal, Polandia Bangun Tembok di Perbatasan dengan Belarusia':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)