PM Kanada Justin Trudeau Terpapar COVID-19

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 01:09 WIB
Prime Minister Justin Trudeau speaks during a press conference in Ottawa on Saturday, Jan. 11, 2020. Trudeau says Iran must take full responsibility for mistakenly shooting down a Ukrainian jetliner, killing all 176 civilians on board. (Justin Tang/The Canadian Press via AP)
PM Kanada Justin Trudeau (Justin Tang/The Canadian Press via AP)
Ontario -

Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau mengumumkan bahwa ia telah terpapar COVID-19. Trudeau akan diisolasi selama lima hari, sesuai dengan aturan kesehatan untuk orang yang sudah divaksinasi.

"Tadi malam, saya mengetahui bahwa saya telah terpapar COVID-19," cuit Trudeau seperti dilansir AFP, Jumat (28/1/2022).

"Saya merasa baik-baik saja dan akan bekerja dari rumah," katanya.

Dia tidak akan hadir secara fisik ketika Parlemen Britania Raya atau House of Commons melanjutkan sesinya pada Senin (2/2).

Trudeau yang telah berusia 50 tahun telah menerima suntikan booster COVID-19 pada Januari. Dalam cuitannya, dia kembali mendesak warga Kanada untuk divaksinasi.

Pada awal pandemi pada Maret 2020, Trudeau harus mengisolasi diri selama 14 hari setelah istrinya, Sophie Gregoire Trudeau, dinyatakan positif virus Corona sekembalinya dari perjalanan ke London.

Kanada sedang berjuang melawan peningkatan kasus COVID-19 dan rawat inap karena varian Omicron. Provinsi Ontario, tempat Trudeau tinggal di Kanada, Ottawa, mengharuskan orang yang tidak divaksinasi untuk mengisolasi diri selama 10 hari.

Ontario, provinsi terpadat di Kanada, diperkirakan akan mulai melonggarkan pembatasan COVID mulai Senin (2/2), memungkinkan restoran, bar, tempat olahraga, dan bioskop dibuka kembali. Kanada telah mencatat lebih dari 2,9 juta kasus COVID-19 dan 33.192 kematian sejak awal pandemi.

(rfs/rfs)