Presiden Israel Akan ke Turki, Erdogan Isyaratkan Pemulihan Hubungan

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 09:52 WIB
Turkeys President Recep Tayyip Erdogan looks up during a joint news conference with German Chancellor Angela Merkel following their meeting at Huber Villa presidential palace, in Istanbul, Turkey, Saturday, Oct. 16, 2021. The leaders discussed Ankaras relationship with Germany and the European Union as well as regional issues including Syria and Afghanistan. (AP Photo/Francisco Seco)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Foto: AP/Francisco Seco)
Jakarta -

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan bahwa Presiden Israel Isaac Herzog akan melakukan kunjungan resmi ke Turki pada bulan Februari mendatang. Erdogan pun memuji kunjungan itu sebagai kesempatan untuk memperbaiki hubungan yang berantakan dengan negara Yahudi itu.

"Kunjungan ini dapat membuka babak baru dalam hubungan antara Turki dan Israel," kata Erdogan dalam sebuah wawancara dengan media Turki, NTV Turki seperti dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (27/1/2022).

Erdogan menambahkan bahwa dia "siap untuk mengambil langkah ke arah Israel di semua bidang, termasuk gas alam."

Hubungan antara Turki dan Israel membeku setelah kematian 10 warga sipil dalam serangan Israel terhadap armada Turki yang membawa bantuan untuk Jalur Gaza pada 2010.

Namun, dalam beberapa bulan terakhir, kedua negara telah bekerja menuju pemulihan hubungan, dengan Erdogan, seorang pendukung vokal perjuangan Palestina, telah mengadakan pembicaraan telepon dengan Herzog dan para pemimpin Israel lainnya.

Pemimpin Turki itu telah mengatakan pekan lalu bahwa dia siap untuk bekerja dengan Israel dalam menghidupkan kembali proyek lama untuk mengirimkan gas Mediterania ke klien-klien Eropa melalui Turki.

Pernyataan tersebut muncul setelah Amerika Serikat dilaporkan mencabut dukungan untuk proyek pipa saingan yang melibatkan Israel dan saingan bersejarah Turki, Yunani.

Turki sangat menentang proyek tersebut, yang didukung oleh mantan pemerintahan Presiden AS Donald Trump.

Tonton juga Video: Israel Hancurkan Rumah dan Tangkap 18 Warga

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)