Presiden Israel Bakal Kunjungi Turki pada Februari 2022

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 04:54 WIB
Incoming Israeli president Isaac Herzog gestures during a press conference at the presidents residence in Jerusalem, during a handover ceremony, on July 7, 2021. - Isaac Herzog, a veteran of Israels Labor party, was sworn in before parliament today as the Jewish states 11th president, replacing Reuvin Rivlin in the largely ceremonial post. (Photo by EMMANUEL DUNAND / AFP)
Isaac Herzog Foto: AFP/EMMANUEL DUNAND
Jakarta -

Presiden Israel Isaac Herzog akan berkunjung ke Turki pada Februari. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan resmi untuk memperbaiki hubungan dua negara itu.

Dilansir dari AFP, Kamis (27/1/2022), pemimpin Turki, Recep Tayyip Erdogan mengumumpakn rencana kunjungan tersebut. Erdogan memuji pertemuan itu sebgai kesempatan untuk mengatur ulang hubungan dengan negara Yahudi tersebut.

"Kunjungan ini dapat membuka babak baru dalam hubungan antara Turki dan Israel," kata Erogan dalam sebuah wawancara dengan saluran NTV Turki.

"Siap untuk mengambil langkah-langkah ke arah Israel di semua bidang," ucapnya.

Hubungan antara mayoritas Muslim Turki dan Israel membeku setelah kematian 10 warga sipil dalam serangan Israel terhadap armada Turki yang membawa bantuan untuk Jalur Gaza pada 2010.

Namun, dalam beberapa bulan terakhir, kedua negara telah bekerja pada pemulihan hubungan, dengan Erdogan, seorang pendukung vokal perjuangan Palestina, mengadakan pembicaraan telepon dengan Herzog dan para pemimpin Israel lainnya.

Orang kuat Turki itu telah mengatakan pekan lalu bahwa dia siap untuk bekerja dengan Israel dalam menghidupkan kembali proyek lama untuk mengirimkan gas Mediterania ke klien Eropa melalui Turki.

Simak juga Video: Israel Hancurkan Rumah dan Tangkap 18 Warga

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)