Salju Guyur Istanbul, Mobil Pribadi Dilarang Lewat-Penerbangan Batal

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 18:55 WIB
Istanbul -

Hujan salju lebat yang mengguyur kota Istanbul di Turki mengganggu lalu lintas dan membuat orang-orang terdampar. Akibatnya, kendaraan pribadi dilarang melintas di jalanan kota terbesar di Turki itu dan operasional penerbangan di bandara setempat ditangguhkan.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (25/1/2022), hujan salju mulai mengguyur Istanbul sejak pekan lalu dan semakin meningkat intensitasnya dalam beberapa hari terakhir.

Gubernur Istanbul, Ali Yerlikaya, mengambil langkah yang tergolong langka dengan melarang mobil-mobil pribadi untuk melintasi jalanan setempat hingga pukul 10.00 waktu setempat, pada Selasa (25/1), saat tim darurat melakukan pembersihan jalanan dari timbunan salju.

Banyak pekerja publik yang mendapatkan cuti administratif untuk menjaga pergerakan warga tetap minimum di tengah guyuran salju lebat.

Rekaman video yang dibagikan Gubernur Yerlikaya menunjukkan truk-truk dan mobil-mobil terdampar di sepanjang jalan raya di dalam dan sekitar kota berpenduduk 16 juta orang tersebut.

Wali Kota Istanbul, Ekrem Imamoglu, menuturkan sebanyak 55.000 ton garam telah digunakan di jalanan dan dia menyerukan warga untuk membersihkan salju di depan rumah maupun toko masing-masing untuk membantu tim darurat.

"Kita berharap jika malam ini kita berhasil mengatasinya dengan langkah-langkah tersebut, kita tidak memiliki masalah lagi. Semoga Tuhan melindungi semua orang," ucap Imamoglu.