Prancis Musnahkan 1 Juta Unggas Gegara Flu Burung

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 11:33 WIB
Over one million birds have already been killed in attempts to smother the avian flu outbreak that began in late November. PHOTO: AFP
Prancis memusnahkan banyak unggas sejak kemunculan wabah flu burung akhir November lalu (AFP Photo)
Paris -

Pemerintah Prancis mengatakan akan memusnahkan lebih dari 1 juta ekor unggas dalam beberapa pekan ke depan, untuk memerangi lonjakan wabah flu burung di peternakan-peternakan setempat.

Seperti dilansir AFP, Jumat (21/1/2022), semua bebek, ayam dan kalkun yang ada di 226 wilayah di Landes, Gers dan Pyrenees Antlantiques harus dimusnahkan. Totalnya ada 1,3 juta unggas yang akan dimusnahkan oleh otoritas Prancis.

"Kita membutuhkan waktu sekitar tiga pekan untuk membersihkan seluruh area," demikian pernyataan Kementerian Pertanian Prancis.

Dengan memusnahkan populasi unggas yang menjadi tempat virus menyebar, otoritas setempat berharap mempersingkat wabah dan mencegahnya menyebar ke wilayah-wilayah lainnya yang menjadi lokasi peternakan unggas.

Lebih dari 1 juta burung telah dimusnahkan dalam upaya meredam wabah flu burung yang mulai muncul akhir November lalu. Para peternak di kawasan tersebut, yang terkenal dengan foie gras liver pate yang menguntungkan namun kontroversial, mendapatkan kompensasi untuk unggas mereka yang dimusnahkan.

Kementerian Pertanian berencana melibatkan rumah penjagalan hewan dan mengerahkan sejumlah besar pekerja, termasuk mahasiswa kedokteran hewan, untuk mempercepat proses pemusnahan.

Sejumlah negara Eropa tengah menghadapi jenis flu burung yang sangat menular, H5N1, setahun setelah virus serupa memusnahkan banyak ternak.