Australia-Selandia Baru Kirim Bantuan ke Tonga yang Dilanda Tsunami

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 11:03 WIB
Dahsyatnya erupsi Gunung Bawah Laut Tonga berdampak ke sejumlah negara salah satunya Selandia Baru. Selain itu, erupsi pun memicu tsunami di pantai barat AS.
Dampak tsunami Tonga di Selandia Baru (dok. Tanya White/Northern Advcate/NZME via AP)
Canberra -

Australia dan Selandia Baru mengerahkan pesawat pemantau pada Senin (17/1) waktu setempat untuk menaksir besarnya kerusakan di Tonga usai dilanda tsunami yang dipicu erupsi dahsyat gunung api bawah laut, Hunga-Tonga-Hinga-Ha'apai.

Seperti dilansir Reuters, Senin (17/1/2022), selain memicu tsunami, erupsi gunung api Hunga-Tonga-Hinga-Ha'apai itu juga menyelimuti Tonga yang terletak di Pasifik Selatan dengan abu vulkanis.

Perdana Menteri (PM) Australia, Scott Morrison, menjanjikan dukungan untuk Tonga secepat mungkin, namun dia menyatakan abu vulkanis menghambat upaya pengiriman bantuan.

"Ada banyak tantangan di sana dengan kumpulan abu dan gangguan komunikasi, jadi kami bekerja bersama untuk mengirimkan sebanyak mungkin dukungan ke Tonga semampu kita," ucap Morrison kepada radio 2GB pada Senin (17/1) waktu setempat.

Menteri Australia untuk Pasifik, Zed Seselja, secara terpisah menyatakan sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa massal akibat tsunami. Dia juga menyatakan bahwa bandara di Tonga 'tampaknya masih dalam kondisi baik', namun terjadi 'kerusakan signifikan' terhadap ruas jalanan dan jembatan setempat.

Seselja mengungkapkan bahwa Australia bekerja sama dengan Amerika Serikat (AS), Selandia Baru, Prancis, dan beberapa negara lainnya untuk mengkoordinasikan respons terhadap tsunami di Tonga.

PM Selandia Baru, Jacinda Ardern, menyatakan pada Minggu (16/1) waktu setempat bahwa tsunami memberikan dampak signifikan terhadap infrastruktur.

Erupsi dahsyat gunung api bawah laut Hunga-Tonga-Hinga-Ha'apai pada Sabtu (15/1) sore waktu setempat, telah memicu tsunami yang memutuskan saluran telepon dan akses internet untuk seluruh Pulau Tonga.

Simak Video 'Australia Kirim Pesawat Pengintai Cek Kerusakan Tsunami Tonga':

[Gambas:Video 20detik]