Denmark Pertimbangkan Beri Vaksin COVID Dosis ke-4 ke Warga Rentan

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 03:46 WIB
Ilustrasi Vaksinasi
Ilustrasi (Foto: Dok. Shutterstock)
Kopenhagen -

Otoritas Denmark tengah mempertimbangkan memberikan vaksinasi Corona dosis keempat. Vaksinasi tersebut diberikan kepada warga yang dinilai rentan terpapar Corona.

Dilansir Reuters, langkah tersebut diambil seiring dengan aturan pembatasan Corona diperlonggar.

"Semakin luas infeksi di masyarakat, semakin besar risiko infeksi akan mencapai kita yang paling rentan," kata Menteri Kesehatan Denmark Magnus Heunicke, Senin (17/1/2022).

"Kami sekarang memulai babak baru, yaitu keputusan untuk menawarkan dosis keempat kepada warga yang paling rentan," katanya kepada wartawan.

Regulator obat Uni Eropa menyatakan keraguannya terkait tindakan Pemerintah Denmark memberikan vaksinasi dosis keempat. Meski begitu, Chili dan Israel disebut-sebut tengah mempersiapkan vaksinasi dosis keempat.

"Kami berada dalam posisi yang lebih baik daripada yang kami antisipasi dan takutkan," kata kepala Badan Kesehatan Denmark Soren Brostrom.

Dosis vaksin keempat akan diberikan ke warga yang dinilai paling rentan pada akhir pekan ini. Otoritas kesehatan juga mempertimbangkan untuk menawarkan suntikan dosis keempat kepada orang tua dan orang-orang di panti jompo.

Data dari otoritas penyakit menular Denmark, Statens Serum Institut (SSI), menunjukkan bahwa orang yang tidak divaksinasi lima hingga enam kali lebih mungkin dirawat di rumah sakit setelah terkena virus daripada mereka yang divaksinasi.

Simak juga 'Peneliti Denmark Ungkap Alasan Cepatnya Penyebaran Varian Omicron':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)