Ledakan Keras Misterius Terdengar di Iran, Jendela Rumah Berguncang

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 14:12 WIB
Iran sebut aksi sabotase picu kebakaran fasilitas nuklir mereka
Ilustrasi (Foto: BBC World)
Teheran -

Beberapa kota di Iran barat dikagetkan dengan ledakan keras yang terdengar di pagi akhir pekan. Namun tak diketahui jelas dari mana asal ledakan itu.

Seperti dilansir Reuters, Minggu (16/1/2022) ledakan misterius itu terjadi pada Minggu (16/1) pagi waktu setempat. Dalam beberapa bulan terakhir, insiden serupa juga pernah terjadi.

Dalam laporan kantor berita Fars, Gubernur kota Asadabad mengatakan pihaknya mendegar 'suara mengerikan' namun asalnya tidak jelas.

"Awalnya dikira suara badai petir karena kondisi cuaca, tapi kemungkinan ini dikesampingkan," katanya.

"Intensitas suara di beberapa tempat sedemikian rupa sehingga pintu dan jendela rumah berguncang dan orang-orang meninggalkan rumah mereka," kata situs web berita Rokna di saluran Telegramnya.

Pasca insiden tersebut, muncul postingan video di Twitter yang menunjukkan asal mula ledakan yang tampak dari senjata anti-pesawat. Namun Reuters belum dapat memverifikasi rekaman tersebut.

Pihak berwenang mengatakan militer Iran mengadakan latihan pertahanan udara tanpa pemberitahuan sebelumnya di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan Israel-Amerika Serikat.
Iran telah mengadakan pembicaraan tidak langsung dengan AS untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir 2015.

Para pemimpin Israel telah lama mengancam aksi militer Iran lantaran menganggap 'diplomasi sebagai jalan buntu' untuk menyangkal persenjataan nuklir Iran. Teheran bersikeras ambisi nuklirnya dilakukan untuk perdamaian.

(izt/dhn)