Filipina Minta Indonesia Cabut Larangan Ekspor Batu Bara

ADVERTISEMENT

Filipina Minta Indonesia Cabut Larangan Ekspor Batu Bara

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 11:40 WIB
Ekspor Batu Bara Dilarang
Foto: Ekspor Batu Bara Dilarang (Fauzan Kamil/detikcom)
Jakarta -

Menteri Energi Filipina Alfonso Cusi meminta pemerintah Indonesia untuk mencabut larangan ekspor batu bara. Dia mengatakan kebijakan itu akan merugikan ekonomi negara-negara yang sangat bergantung pada bahan bakar tersebut untuk pembangkit listrik.

Diketahui bahwa Indonesia, eksportir batu bara termal terbesar dunia menangguhkan ekspor pada 1 Januari setelah perusahaan listrik negara melaporkan tingkat persediaan batu bara yang sangat rendah di pembangkit listrik domestiknya.

Imbauan pemerintah Filipina itu mengikuti permintaan serupa dari pemerintah Asia lainnya seperti Jepang dan Korea Selatan.

Departemen Energi Filipina menyatakan dalam rilis pers yang diberitakan kantor berita Reuters, Senin (10/1/2022), imbauan tersebut disampaikan Cusi dalam surat yang dikirim melalui Departemen Luar Negeri Filipina kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, Arifin Tasrif. Tidak disebutkan kapan surat itu dikirimkan.

Cusi telah meminta Deplu Filipina untuk menengahi dan meminta atas nama Filipina melalui mekanisme kerja sama Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Larangan ekspor batu bara Indonesia telah memicu harga batu bara di China dan Australia lebih tinggi minggu lalu, sementara sejumlah kapal yang dijadwalkan untuk membawa batu bara ke pembeli utama seperti Jepang, China, Korea Selatan dan India berada dalam kondisi tak pasti di Kalimantan, pusat pelabuhan-pelabuhan batu bara utama Indonesia.

Simak juga 'Joget Bareng Nakes dan Berseragam Dinas, Sahrul Gunawan Tuai Kontroversi':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT