Kasus Corona di Australia Tembus 1 Juta Gegara Omicron

ADVERTISEMENT

Kasus Corona di Australia Tembus 1 Juta Gegara Omicron

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 10:35 WIB
Pemerintah Australia akan cabut larangan perjalanan internasional tanpa izin bagi warga negaranya. Kebijakan itu rencananya akan dilakukan mulai akhir tahun ini
Ilustrasi (dok. Getty Images)
Sydney -

Total kasus virus Corona (COVID-19) di Australia telah menembus angka 1 juta, dengan lebih dari separuhnya tercatat dalam sepekan terakhir. Peningkatan itu tercatat saat varian Omicron menyebar ke sebagian besar wilayah Australia hingga meningkatkan angka rawat inap dan membebani rantai pasokan.

Seperti dilansir Reuters, Senin (10/1/2022), setelah berhasil mengendalikan Corona melalui lockdown yang agresif dan kontrol perbatasan ketat pada awal-awal pandemi, Australia kini mencetak rekor untuk jumlah penularan ketika negara itu memulai kebijakan hidup dengan virus Corona setelah angka vaksinasi yang tinggi.

Dengan negara bagian New South Wales dan Victoria melaporkan sekitar 55.000 kasus baru Corona pada Senin (10/1) waktu setempat, total kasus Corona di Australia menyentuh angka 1,03 juta kasus untuk pertama kali sejak kasus pertama tercatat nyaris dua tahun lalu.

Negara bagian dan wilayah Australia lainnya akan melaporkan jumlah tambahan kasus harian di kemudian hari.

Total 2.387 kematian akibat Corona tercatat di Australia sejauh ini.

Namun tingkat kematian selama gelombang varian Omicron tercatat lebih rendah dibandingkan gelombang sebelumnya, dengan 92 persen warga berusia 16 tahun ke atas telah divaksinasi dua dosis.

Kenaikan angka rawat inap di Australia mendorong otoritas setempat memberlakukan kembali sejumlah pembatasan. Sementara kekurangan staf yang disebabkan oleh aturan karantina dan banyaknya pegawai yang jatuh sakit telah berdampak pada operasional bisnis setempat.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT