Kanada Selidiki Pesta Tanpa Masker dalam Pesawat Tujuan Meksiko

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 17:13 WIB
Airplane flying above clouds
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto/Remus Kotsell)
Ottawa -

Otoritas Kanada menyerukan penyelidikan terhadap laporan banyak orang mengikuti pesta tanpa memakai masker dan tanpa menjaga jarak di dalam sebuah penerbangan menuju ke Meksiko, akhir tahun lalu. Pesta di pesawat itu menuai kecaman saat Kanada tengah menghadapi lonjakan kasus virus Corona (COVID-19).

Seperti dilansir Reuters, Rabu (5/1/2022), Menteri Transportasi Kanada, Omar Alghabra, telah meminta regulator Transport Canada untuk menyelidiki laporan media soal para penumpang pesawat berfoto selfie, minum minuman beralkohol dan berkumpul saling berdekatan dalam penerbangan maskapai Sunwing Airlines.

Laporan media lokal, Journal de Montreal, menyebut penerbangan Sunwing Airlines di-charter oleh sebuah kelompok privat dan mengudara dengan rute Montreal menuju Cancun, Meksiko, pada 30 Desember lalu.

"Saya mengetahui laporan soal perilaku yang tidak bisa diterima dalam penerbangan Sunwing," tulis Alghabra dalam pernyataan via Twitter.

"Kita harus memahami risiko COVID-19 dengan serius!" tegasnya.

Pihak Sunwing Airlines, yang berkantor di Toronto, dan pihak Transport Canada belum memberikan komentarnya.

"Ini merupakan perilaku yang tidak bisa diterima dari para penumpang yang menempatkan awak kabin kami pada risiko sangat besar," sebut Presiden Serikat Pegawai Publik Kanada (CUPE), Rena Kisfalvi, dalam pernyataannya. CUPE diketahui mewakili para awak kabin maskapai Sunwing Airlines.

"Kami memerlukan maskapai dan pemerintah federal untuk mendukung dan melindungi para anggota kami terhadap perilaku massa semacam ini dan memastikan itu tidak pernah terjadi lagi," imbuhnya.

(nvc/idh)