Tentara Paraguay Tewas Diserang Rusa di Istana Kepresidenan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 15:44 WIB
A stag is photographed in Richmond park at sunrise on a winters morning in south west London on February 3, 2019 - England saw the coldest night of the winter so far as temperatures tumbled across the UK. (Photo by Daniel LEAL-OLIVAS / AFP)
Ilustrasi rusa (dok. Daniel LEAL-OLIVAS/AFP)
Asuncion -

Seorang tentara Paraguay tewas setelah diserang seekor rusa saat sedang bertugas menjaga keamanan Istana Kepresidenan di ibu kota Asuncion. Rusa yang ada di kompleks Istana Kepresidenan itu menyeruduk si tentara di bagian dada.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (5/1/2022), militer Paraguay dalam pernyataannya menyebut asisten infanteri Sersan Victor Isasi Flecha (42) dinyatakan meninggal dunia pada Senin (3/1) malam waktu setempat, akibat 'luka tusukan' yang disebabkan oleh tanduk rusa.

Direktur Satwa Liar pada Kementerian Lingkungan, Frederick Bauer, menuturkan bahwa rusa yang menyerang Flecha merupakan jenis rusa poros asal India, yang disumbangkan untuk kediaman kepresidenan Paraguay.

Juru bicara militer, Victor Urdapilleta, menuturkan kepada Reuters bahwa rekaman CCTV menunjukkan momen saat Flecha mendekati rusa itu dan kemudian dia diserang.

Tidak disebutkan lebih lanjut soal penyebab rusa itu menyerang Flecha.

Flecha dinyatakan meninggal dunia setelah dilarikan ke rumah sakit militer setempat.

Urdapilleta menyatakan tidak ada riwayat serangan serupa oleh binatang yang secara rutin dipelihara di kediaman kepresidenan Paraguay tersebut. Selain rusa, terdapat juga burung unta dan kuda poni di Istana Kepresidenan Paraguay pada era pemerintahan sebelumnya.

Binatang-binatang itu ditempatkan di area khusus yang dikategorikan sebagai area terlarang, dan tidak ada kontak rutin dengan pengunjung Istana Kepresidenan, yang terletak di area permukiman di ibu kota Asuncion.

(nvc/idh)