Pantai Timur Taiwan Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan M 6

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 03 Jan 2022 17:34 WIB
Alat pendeteksi gempa Seismograf.  Zainal Abidin/detikcom.
Ilustrasi (dok. detikcom/Zainal Abidin)
Taipei -

Gempa bumi kuat berkekuatan Magnitudo 6 mengguncang wilayah pantai timur Taiwan. Getaran gempa dirasakan kuat di ibu kota Taipei, namun sejauh ini belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa.

Seperti dilansir AFP, Senin (3/1/2022), biro prakiraan cuaca Taiwan menyatakan gempa berkekuatan M 6 itu berpusat di kedalaman dangkal sekitar 19 kilometer dari permukaan laut. Survei Geologi Amerika Serikat (AS) atau USGS mencatat gempa yang mengguncang Taiwan berkekuatan M 6,2.

Pusat gempa dilaporkan berada di lautan yang berjarak 56 kilometer dari kota pesisir Hualien, Taiwan bagian timur.

Biro prakiraan cuaca Taiwan menyatakan belum ada laporan kerusakan akibat gempa ini.

Namun seorang reporter AFP di Taiwan melaporkan gedung-gedung bergoyang keras ketika gempa mengguncang pada pukul 17.46 waktu setempat, saat jam-jam sibuk.

"Getaran terasa selama 20 detik dengan tanah bergoyang ke kanan dan kiri," ucap reporter AFP tersebut.

Taiwan tergolong sering dilanda gempa mengingat lokasinya di dekat persimpangan dua lempeng tektonik. Sejumlah gempa bumi bisa mematikan, meskipun dampaknya bergantung pada lokasi dan kedalaman pusat gempa.

Pada Oktober lalu, gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,5 mengguncang Yilan dan hanya memicu kerusakan ringan, karena pusatnya ada di kedalaman 67 kilometer. Kota Hualien sendiri pernah diguncang gempa berkekuatan Magnitudo 6,4 tahun 2018 lalu, yang menewaskan 17 orang dan melukai nyaris 300 orang.

(nvc/idh)