Chili Bakal Gelar Vaksinasi Dosis Keempat untuk Nakes-Lansia Februari 2022

Isal Mawardi - detikNews
Sabtu, 25 Des 2021 01:42 WIB
i
Ilustrasi vaksin Corona (Foto: Fiona Goodall/Getty Images)
Santiago de Chile -

Otoritas Chili akan menggelar vaksinasi Corona dosis keempat mulai Februari tahun depan. Warga yang menerima dosis keempat ini hanya yang kategori berisiko tinggi.

"Perhatian dan prioritas utama adalah untuk melindungi kehidupan dan kesehatan rekan-rekan kami," ujar Presiden Chili Sebastian Pinera dilansir dari AFP, Jumat (24/12/2021).

Kelompok pertama yang menerima booster adalah petugas kesehatan. Kemudian para lansia dan warga berpenyakit kronis.

Menteri Kesehatan Chili Enrique Paris mengatakan keputusan ini diambil karena penelitian menunjukkan bahwa tingkat antibodi penangkal virus turun selama 6 bulan setelah dosis terakhir.

Pemerintah Chili sampai saat ini telah memberikan setidaknya 2 dosis vaksin kepada sekitar 16,5 juta dari 19,2 juta penduduknya. Hal ini dapat disimpulkan lebih dari 86 persen warga Chili sudah tervaksinasi Corona 2 dosis.

Otoritas Chili mencatat ada 1,7 juta kasus virus corona dan 38.954 kematian selama pandemi. Ada 54 kasus kematian dalam 24 jam terakhir.

Sejak awal Desember, kampanye vaksin Corona telah diperluas untuk mencakup anak-anak mulai usia 3 tahun. Selain Chili, ada 2 negara lain yakni Israel dan Brasil yang telah mengkampanyekan vaksinasi dosis keempat.

(isa/zak)