Tornado Ngeri di Kentucky AS, Korban Tewas Diperkirakan 100 Orang

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 12 Des 2021 14:31 WIB
Kentucky AS Luluh Lantak Diterjang Tornado, Puluhan Orang Tewas!
Ilustrasi (Foto: Associated Press)
Jakarta -

Tornado yang menerjang Kentucky, Amerika Serikat memakan korban jiwa. Diperkirakan ada lebih dari 100 orang yang tewas.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Minggu (12/12/2021) terjangan tornado yang paling mematikan dalam sejarah ini menghancurkan sebuah pabrik lilin, kantor pemadam kebakaran dan kantor polisi di sebuah kota kecil di Kentucky. Sebuah panti jompo di Missouri juga hancur. Sementara 6 pekerja di sebuah gudang milik Amazon di Illinois tewas.

Gubernur Kentucky Andy Beshear mengatakan kumpulan tornado yang terjadi pada Jumat (10/12) malam waktu setempat itu adalah yang paling merusak dalam sejarah di Kentucky. Dia mengatakan sekitar 40 pekerja telah diselamatkan di pabrik lilin di kota Mayfield, di mana masih ada sekitar 110 orang yang terperangkap di dalam puing-puing. Pihaknya telah menetapkan keadaan darurat.

"Sebelum tengah malam saya telah mengumumkan keadaan darurat," kata Gubernur Kentucky Andy Beshear,

Selain di Kentucky, 24 tornado dilaporkan terjadi di empat negara bagian lainnya, yaitu Arkansas, Illinois, Missouri dan Tennessee - menurut Pusat Prediksi Badai NOAA.

"Kehancuran itu tidak seperti apa pun yang saya lihat dalam hidup saya dan saya kesulitan mengungkapkannya dengan kata-kata," kata Beshear pada konferensi pers. "Kemungkinan besar lebih dari 100 orang hilang di sini di Kentucky."

Beshear mengatakan 189 personel Garda Nasional telah dikerahkan untuk membantu pemulihan pasca tornado. Upaya penyelamatan sebagian besar akan difokuskan di Mayfield, yang paling mengalami kehancuran terbesar.

Video dan foto yang diposting di media sosial menunjukkan bangunan bata di pusat kota Mayfield rata dengan tanah, dengan mobil yang diparkir hampir terkubur di bawah puing-puing. Menara di gedung pengadilan Graves County yang bersejarah runtuh.

Simak Video: Biden soal Tornado di Kentucky: Terbesar dalam Sejarah AS

[Gambas:Video 20detik]