Australia Deteksi Kasus Baru Varian Omicron terkait Pesta di Kapal

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 15:36 WIB
Sejumlah negara bagian di Australia mengumumkan penutupan kota (lockdown), Senin (28/6). Hal itu untuk mengantisipasi virus Corona Delta yang lebih cepat menular dari varian biasanya. Berikut pemandangan sunyi di kota benua kanguru itu.
Ilustrasi -- Situasi pandemi Corona di Australia (dok. Getty Images/Lisa Maree Williams)
Sydney -

Penularan virus Corona (COVID-19) terdeteksi di pub dan kelab malam di Sydney, kota terbesar di Australia. Sedikitnya tiga kasus baru varian Omicron ditemukan di antara orang-orang yang menghadiri sebuah pesta di kapal yang sedang berlabuh.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (9/12/2021), otoritas setempat bergegas melakukan pelacakan kontak terkait kasus-kasus varian Omicron tersebut.

Pembatasan Corona di kota Sydney diketahui mulai dilonggarkan oleh otoritas setempat sejak awal Oktober, ketika kota ini mengakhiri lockdown selama nyaris empat bulan terakhir yang diterapkan untuk menangkal penyebaran varian Delta.

"Kita telah melihat penularan yang meningkat beberapa waktu terakhir di tempat-tempat sosial yang lebih besar ... dan itu tentu menjadi faktor yang berkontribusi pada peningkatan kasus," sebut Wakil Kepala Otoritas Kesehatan New South Wales, Marianne Gale, dalam video yang diposting via Twitter.

Puluhan orang yang mengunjungi sebuah pub di Sydney dinyatakan positif Corona dan otoritas setempat tengah menanti hasil tes genomik untuk melihat apakah mereka terinfeksi varian Omicron.

Jumlah kasus harian Corona terus meningkat setelah pembatasan dilonggarkan, dengan negara bagian New South Wales, yang mencakup wilayah Sydney, mencatat 420 kasus baru pada Kamis (9/12) waktu setempat, yang merupakan lonjakan terbesar dalam dua bulan terakhir.

Kebanyakan kasus baru Corona di Sydney disebabkan oleh varian Delta.

Simak video 'Varian Omicron Menyebar di AS dengan Rata-rata Penyakit Ringan':

[Gambas:Video 20detik]