Giliran Inggris-Kanada Turut Boikot Diplomatik Olimpiade Beijing

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 09:05 WIB

"Saya tidak berpikir bahwa boikot olahraga itu masuk akal dan itu tetap akan menjadi kebijakan pemerintah," ujarnya, mengindikasikan bahwa para atlet Inggris masih akan bertanding dalam Olimpiade Beijing tahun depan.

Langkah memboikot Olimpiade Beijing secara diplomatik pertama diumumkan AS pekan ini. Otoritas AS menekankan bahwa para pejabat pemerintahannya tidak akan menghadiri Olimpiade Musim Dingin yang digelar Februari 2020 di Beijing, karena kekejaman pelanggaran HAM di China.

Australia mengumumkan langkah serupa beberapa hari kemudian, dengan PM Scott Morrison menjelaskan bahwa keputusan itu diambil karena Australia kesulitan membuka kembali saluran diplomatik dengan China untuk membahas dugaan pelanggaran HAM di Xinjiang dan karena langkah China terhadap impor Australia.

Menanggapi pemboikotan secara diplomatik itu, China menegaskan AS akan 'membayar harga' untuk keputusannya dan menyatakan kepada Australia bahwa 'tidak ada yang peduli' apakah para pejabat Australia datang ke Olimpiade Beijing atau tidak.


(nvc/idn)