Ancaman Paman Sam ke Rusia Bila Niat Invasi Ukraina

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 06:01 WIB

Biden Sumpah Cegah Invasi Rusia

Menanggapi sinyalir invasi Rusia itu, Presiden AS Joe Biden pun janji akan memberikan dukungan kepada Ukraina. Sama seperti dukungan AS ketika Ukraina mengalami kelaparan massal tahun 1930-an yang menewaskan jutaan orang dalam peristiwa "Holodomor."

Biden menyatakan dirinya akan membuatnya 'sangat, sangat sulit' bagi Rusia untuk melancarkan invasi apapun terhadap Ukraina. Biden menyatakan dirinya tengah mempersiapkan kebijakan baru untuk menghentikan rencana Rusia menginvasi Ukraina.

Biden dan Presiden Vladimir Putin akan melakukan panggilan video untuk membahas ketegangan yang meningkat ini. Berbicara kepada wartawan di Washington DC, Biden menyatakan dirinya tengah menyusun 'serangkaian inisiatif yang paling komprehensif dan bermakna untuk membuatnya sangat, sangat sulit bagi Tuan Putin untuk terus maju dan melakukan apa yang dikhawatirkan orang-orang akan dia lakukan'.

Biden Ancam Tingkatkan Militer di Eropa Timur

Biden juga bersumpah akan meningkatkan kehadiran militernya di kawasan Eropa Timur jika Rusia benar-benar menginvasi Ukraina. AS juga menyatakan bertekad memicu 'kerugian ekonomi parah' bagi Rusia.

Peringatan yang dilontarkan AS itu dinilai akan memberikan pertaruhan tinggi bagi pembicaraan yang akan digelar via video conference antara Biden dan Putin hari ini.

Menurut pejabat senior AS itu, Gedung Putih tidak tahu apakah Putin telah mengambil keputusan untuk mengerahkan pasukan militernya ke Ukraina. Gedung Putih juga disebut menahan diri untuk tidak melontarkan ancaman intervensi langsung dari pasukan militer AS jika Putin memutuskan demikian.

Namun, sebut pejabat senior AS itu, Biden akan memperjelas bahwa 'akan ada harga yang tulus dan bermakna dan abadi yang harus dibayar untuk memilih maju jika (Rusia) memilih untuk melakukan eskalasi militer'.

Ditambahkan pejabat senior AS itu bahwa AS dan sekutu-sekutunya di Eropa bersiap mengambil 'langkah balasan ekonomi yang substansial ... yang akan memberikan kerugian ekonomi yang signifikan dan parah bagi perekonomian Rusia' jika negara itu menyerang Ukraina.

Selain itu, menurut pejabat senior AS itu, Biden juga akan memperjelas bahwa jika Putin 'bergerak masuk, akan ada permintaan yang meningkat dari sekutu-sekutu sayap timur dan respons positif dari Amerika Serikat untuk pasukan tambahan dan kemampuan dan latihan'.

Rusia membantah akan menginvasi Ukraina. Simak di halaman selanjutnya.