Eks Senator AS Bob Dole Meninggal Dunia di Usia 98 Tahun

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 06 Des 2021 00:59 WIB
Washington DC -

Bob Dole, senator Amerika Serikat (AS) selama 5 periode meninggal dunia. Pria yang berjuang kembali dari cedera parah dalam Perang Dunia II itu meninggal dunia pada usia 98 tahun.

"Dengan berat hati kami mengumumkan bahwa Senator Robert Joseph Dole meninggal pagi ini dalam tidurnya," cuit Elizabeth Dole Foundation seperti dilansir AFP, Senin (6/12/2021).

"Saat kematiannya, pada usia 98, dia telah melayani Amerika Serikat dengan setia selama 79 tahun," lanjutnya.

Dole terpilih menjadi anggota Senat AS pada tahun 1968 dan terpilih kembali pada tahun 1974, 1980, 1986 dan 1992. Dia melayani baik sebagai pemimpin mayoritas dan minoritas Senat selama bertahun-tahun.

Pada tahun 1976, Dole diminta oleh Gerald Ford untuk menjadi calon wakil presidennya tetapi tiket Partai Republik kalah dari Demokrat Jimmy Carter dan Walter Mondale.

Dua puluh tahun kemudian tahun 1996, Dole kalah dalam pemilihan sebagai presiden dari Partai Demokrat Bill Clinton. Hal itu membuatnya menjadi satu-satunya orang yang kalah dalam pemilihan presiden dan wakil presiden di partai besar.

Sebagai seorang Republikan konservatif yang berkampanye untuk mengekang pemerintahan, Dole juga memiliki sikap pragmatis dan mensponsori undang-undang bipartisan selama 35 tahun di Kongres.

Penghormatan mengalir deras untuk politisi veteran AS itu, termasuk dari mantan wakil presiden Mike Pence. Mike Pence memberi hormat kepada "pria yang benar-benar hebat yang menjalani kehidupan pelayanan yang luar biasa," katanya.

"Dia akan sangat dirindukan oleh kita semua yang memiliki hak istimewa untuk mengenalnya," lanjutnya.

Ketua DPR Nancy Pelosi memerintahkan bendera di US Capitol dikibarkan setengah tiang untuk menghormati Dole. Hal itu diungkap oleh kata kepala stafnya.

(lir/lir)