Menyebar ke Amerika Latin, 2 Kasus Varian Omicron Ditemukan di Brasil

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 09:13 WIB
People walk through a downtown shopping district in Sao Paulo, Brazil, Wednesday, June 10, 2020. Retail shops reopened on Wednesday in Brazils biggest city after a two-month coronavirus pandemic shutdown that aimed to contain the spread of the new coronavirus. (AP Photo/Andre Penner)
Ilustrasi (dok. AP Photo/Andre Penner)
Brasilia -

Otoritas kesehatan Brasil, Anvisa, mengumumkan dua warganya dinyatakan positif terinfeksi varian baru virus Corona (COVID-19), Omicron. Dua kasus varian Omicron di Brasil ini menjadi yang pertama terdeteksi di kawasan Amerika Latin.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (1/12/2021), Anvisa menjelaskan bahwa seorang pelancong yang tiba di Sao Paulo dari Afrika Selatan dan istrinya, yang tidak ikut bepergian, telah dinyatakan positif varian Omicron.

Pelancong yang tidak disebut identitasnya itu, diketahui mendarat di Bandara Internasional Guarulhos, Sao Paulo, pada 23 November lalu dengan hasil tes negatif Corona. Namun sebelum hendak terbang ke luar negeri lagi, pelancong itu dan istrinya menjalani tes Corona kembali dan hasilnya positif.

Sampel tes Corona keduanya kemudian dikirimkan ke otoritas terkait untuk dianalisis lebih lanjut, dengan hasilnya mengidentifikasi varian Omicron.

Pelancong itu tiba di Sao Paulo sebelum Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis peringatan untuk pertama kalinya ke publik soal kemunculan varian Omicron dan sebelum otoritas Brasil mengambil kebijakan untuk menangguhkan penerbangan dari Afrika Selatan dan lima negara Afrika lainnya mulai Jumat (26/11) lalu.

Situasi ini semakin menambah kekhawatiran bahwa varian Omicron telah menyebar luas secara global jauh sebelum larangan dan pembatasan perjalanan diberlakukan banyak negara.

Otoritas Sao Paulo menyatakan bahwa analisis yang kedua kali pada sampel pasangan itu mengonfirmasi keduanya terinfeksi varian Omicron.