G7: Varian Omicron Sangat Menular, Perlu Tindakan Segera!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 09:11 WIB
Virus In Red Background - Microbiology And Virology Concept
Foto: Getty Images/iStockphoto/loops7
Jakarta -

Varian baru COVID-19, Omicron sangat mudah menular dan membutuhkan "tindakan segera". Demikian pernyataan bersama para menteri kesehatan G7 pada hari Senin, (29/11) waktu setempat.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Selasa (30/11/2021), dalam pernyataannya, G7 memuji keteladanan Afrika Selatan dalam mendeteksi strain baru Corona dan memperingatkan orang lain soal itu.

"Komunitas global dihadapkan pada ancaman varian baru, pada evaluasi pertama, varian COVID-19 yang sangat menular, yang memerlukan tindakan segera," kata para menteri kesehatan G7 dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan darurat.

Menggarisbawahi "relevansi strategis untuk memastikan akses ke vaksin", mereka berjanji untuk memegang komitmen donasi mereka, serta memberikan dukungan untuk penelitian dan pengembangan.

Pada saat yang sama, mereka akan menangani "informasi yang salah tentang vaksin", sesuatu yang di beberapa bagian dunia menyebabkan resistensi terhadap inokulasi.

Para menteri kesehatan G7 tersebut mengatakan bahwa pertemuan baru akan diadakan pada bulan Desember. Mereka berkomitmen untuk bekerja sama secara erat dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan mitra-mitra internasional untuk berbagi informasi tentang varian Omicron.

Para ilmuwan di Afrika Selatan mengatakan pekan lalu, bahwa mereka telah mendeteksi varian baru yang bermutasi sangat cepat, yakni setidaknya 10 mutasi, dibandingkan dengan tiga mutasi untuk Beta atau dua mutasi untuk Delta -- strain yang mengganggu pemulihan global dan membuat jutaan orang di seluruh dunia kembali berada di bawah lockdown.

Simak video 'Epidemiolog: Varian Omicron Kombinasi Mutasi Varian Delta & Beta':

[Gambas:Video 20detik]