Joe Biden Minta Warga AS Tak Panik Hadapi Covid Varian Omicron

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 03:09 WIB
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden meminta warganya untuk tidak panik terkait varian Covid Omicron. Biden mengatakan saat ini tidak ada pembatasan baru atau memperpanjang pembatasan perjalanan.

"Merupakan penyebab kekhawatiran, bukan penyebab kepanikan," kata Biden, dilansir AFP, Selasa (30/11/2021).

Varian virus, pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan tetapi sudah muncul di banyak negara, "merupakan penyebab kekhawatiran, bukan penyebab kepanikan," kata Biden.

Dia menekankan bahwa saat ini Amerika Serikat berada dalam posisi yang baik untuk mengendalikan penyebaran Omicron tanpa harus melakukan penguncian. Biden menyebut pihaknya memiliki banyak alat untuk melawan varian baru ini.

"Kami memiliki lebih banyak alat hari ini untuk melawan varian daripada yang pernah kami miliki sebelumnya," katanya.

Selain itu, Biden mengatakan pihaknya akan melawan varian baru ini dengan kecepatan ilmiah. Tidak dengan kekacauan ataupun kebingungan.

"Kami akan melawan varian ini dengan tindakan dan kecepatan ilmiah dan berpengetahuan luas, bukan kekacauan dan kebingungan," kata Biden dalam pidato yang disiarkan televisi secara nasional dari Gedung Putih, diapit oleh Fauci dan Wakil Presiden Kamala Harris.

Biden juga menjanjikan strategi terperinci untuk memerangi Covid-19 musim dingin ini. Penanganan ini akan dilakukan dengan memperluas vaksinasi dan pemberian booster.

"Bukan dengan penutupan atau penguncian, tetapi dengan vaksinasi yang lebih luas, booster, pengujian, dan banyak lagi," katanya.

(dwia/dwia)