Beda Malaysia-Singapura Saat Negara Lain Khawatir Omicron dari Afrika

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 20:32 WIB
Deretan Negara yang Kebijakan Ekonominya Keren dalam Hadapi Corona

Pandemi Corona membuat perekonomian di berbagai negara mengalami krisis global. Ada beberapa negara yang telah menerapkan strategi ekonominya dengan matang. Seperti Australia, Malaysia, Singapore dan Jepang.
Foto ilustrasi Singapura (Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency)
Jakarta -

Varian baru virus Corona yakni Omicron membuat dunia waspada. Namun dua negeri jiran Indonesia yakni Malaysia dan Singapura ambil sikap berbeda saat negara lain khawatir dengan varian dari Afrika itu.

Varian Omicron atau B.1.1.529 pertama ditemukan di Botswana, kawasan Benua Afrika bagian selatan. Dunia menjadi resah. Tapi tidak dengan Singapura dan Malaysia.

Justru setelah penutupan perbatasan dua tahun terakhir, perbatasan darat antara kedua negara, merupakan salah satu yang tersibuk di dunia, dibuka kembali mulai Senin (29/11) waktu setempat.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Senin (29/11/2021), langkah pelonggaran itu memampukan orang-orang yang sudah divaksinasi Corona untuk melintasi perbatasan kedua negara tanpa perlu menjalani karantina.

Sebelum pandemi Corona, sekitar 300 ribu orang biasa bepergian menyeberangi perbatasan dari Malaysia setiap harinya ke Singapura, untuk bekerja di berbagai sektor mulai dari transportasi umum hingga manufaktur elektronik.

Namun kebanyakan perjalanan terhenti sejak Maret tahun lalu, yang membuat orang-orang yang sebelumnya pulang-pergi antara kedua negara itu, dan warga Malaysia di Singapura, secara efektif terjebak karena mereka perlu terus bekerja.

Mulai Senin (29/11) waktu setempat, setiap warga Singapura dan Malaysia yang telah divaksinasi Corona sepenuhnya, maupun mereka yang memiliki status permanent resident dan izin kerja bisa melintasi ruas jalanan perbatasan sepanjang 1 kilometer yang memisahkan kedua negara tanpa harus dikarantina.

Kata para pelancong:

Simak video 'Daftar Negara yang Larang Masuk Penerbangan dari Afrika':

[Gambas:Video 20detik]