Belanda Temukan 13 Kasus Varian Omicron dari Penumpang Pesawat Asal Afsel

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 09:34 WIB
Wide-angle view of a modern aircraft gaining the altitude outside the glass window facade of a contemporary waiting hall with multiple rows of seats and reflections indoors of an airport terminal El Prat in Barcelona
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto/skyNext)
Amsterdam -

Otoritas kesehatan Belanda mendeteksi 13 kasus positif virus Corona (COVID-19) varian Omicron di wilayahnya. Kasus-kasus varian Omicron itu terdeteksi dari para penumpang pada dua penerbangan asal Afrika Selatan (Afsel).

Seperti dilansir dari AFP, Senin (29/11/2021), 13 kasus Corona varian Omicron itu terdeteksi setelah sekitar 61 dari total 600 pelancong yang menumpang dua penerbangan maskapai KLM dinyatakan positif Corona setibanya di Bandara Schiphol, Amsterdam, pada Jumat (27/11) lalu.

Menteri Kesehatan Belanda, Hugo de Jonge, menyatakan 'tidak terpikirkan' ada kasus lanjutan untuk varian Omicron di Belanda. Varian Omicron disebut-sebut lebih menular dari varian-varian COVID lainnya yang sudah ada.

"Varian Omicron sejauh ini teridentifikasi pada 13 kasus positif. Penyelidikan belum tuntas," sebut Institut Kesehatan Umum Nasional (RIVM), dalam pernyataannya pada Minggu (28/11) waktu setempat.

"Varian baru ini mungkin ditemukan pada lebih banyak sampel," imbuh pernyataan tersebut.

Sebanyak 61 penumpang penerbangan asal Afsel itu menjalani karantina. Mayoritas ditempatkan di sebuah hotel dekat Bandara Schiphol. Sementara, beberapa orang lainnya diperbolehkan menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Para penumpang lainnya yang negatif Corona juga diwajibkan menjalani isolasi mandiri jika kini berada di Belanda, sedangkan yang lainnya diperbolehkan melanjutkan penerbangan ke tujuan lainnya.

Simak video 'Afsel Bersiap Hadapi Gelombang Keempat Covid-19, Termasuk Varian Omicron':

[Gambas:Video 20detik]