Muncul Varian Omicron, Inggris Perketat Aturan Perjalanan-Pemakaian Masker

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 12:20 WIB
Inggris kembali jadi sorotan usai kembali diamuk COVID-19. Negara itu kini terus memantau mutasi baru varian Delta Plus COVID-19 yang diberi nama AY.4.2.
ilustrasi (Foto: AP Photo/Alberto Pezzali)

Kedua orang yang dinyatakan positif Omicron semua anggota keluarga mereka diuji ulang dan disuruh mengisolasi diri. Pemerintah juga tengah melakukan pengujian dan pelacakan kontak guna mencegah penyebaran meluas.

Satu kasus Corona varian Omicron itu terdeteksi di pusat kota Inggris Nottingham. Sementara satu kasus lainnya dilaporkan di Chelmsford timur London.

"Kami telah bergerak cepat dan individu-individu itu mengasingkan diri sementara pelacakan kontak sedang berlangsung," kata Menteri Kesehatan Sajid Javid.

Inggris juga menambahkan Malawi, Mozambik, Zambia, dan Angola ke "daftar merah" perjalanannya mulai hari Minggu (28/11) pukul 04.00 waktu setempat. Dengan demikian, seluruh warga Inggris dan Irlandia yang tiba dari empat negara Afrika itu harus dikarantina di hotel yang disetujui pemerintah selama 10 hari. Sementara warga asing dari negara tersebut dilarang masuk.

Sebelumnya, Inggris juga telah memasukkan 6 negara Afrika Selatan imbas varian baru Omicron. Negara tersebut yaitu Afrika Selatan, Namibia, Lesotho, Eswatini, Zimbabwe dan Botswana.


(izt/knv)