Coba Kabur dari Penjara Irak, Anggota ISIS Ditembak Mati

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 18:39 WIB
Ilustrasi penjara
ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Fahroni)
Jakarta -

Pasukan keamanan Irak telah menembak mati seorang terpidana pada hari Sabtu (27/11), ketika dia mencoba melarikan diri dari penjara bersama dua kaki tangannya.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (27/11/2021), badan keamanan Irak menyatakan dalam sebuah pernyataan, ketiga tahanan yang mencoba kabur itu semuanya anggota kelompok ISIS. Mereka menjalani hukuman seumur hidup di penjara Taji di utara Baghdad

Mereka terlihat ketika mereka mencoba kabur dari penjara dengan memanjat tembok luar, demikian pernyataan itu.

"Penjaga melepaskan tembakan ketika mereka menolak untuk mengindahkan peringatan," imbuhnya seraya menambahkan satu tahanan tewas sementara dua lainnya "menyerah".

"Tiga teroris itu telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup," demikian menurut pernyataan tersebut tanpa menyebutkan identitas ketiganya.

Kelompok ISIS pernah menguasai sebagian besar wilayah Irak dan negara tetangga Suriah pada tahun 2014, di mana mereka mendirikan apa yang disebut kekhalifahan.

Irak secara resmi menyatakan kemenangan atas ISIS pada 2017, dan dua tahun kemudian kelompok itu dikalahkan di Suriah.

Tapi sel-sel tidur ISIS terus aktif di kedua negara tersebut. Mereka telah sering melakukan serangan di kedua negara tersebut.

Setelah kekalahan ISIS di Irak, pengadilan di negara itu telah menjatuhkan hukuman mati kepada ratusan orang atas kejahatan yang dilakukan oleh para anggota ISIS.

Hanya sebagian kecil dari hukuman mati itu yang telah dilakukan, karena harus mendapat persetujuan presiden.

Presiden Barham Saleh, yang menjabat sejak 2018, diketahui menentang hukuman mati.

(ita/ita)