Bos Pentagon Unggah Video Bareng Prabowo, Sebut Pertemuan Luar Biasa

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 21 Nov 2021 11:18 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto bertemu dengan Menhan AS, Lloyd J Austin III. (Akun Twitter @SecDef)
Foto: Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto bertemu dengan Menhan AS, Lloyd J Austin III. (Akun Twitter @SecDef)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto bertemu dengan Menhan AS, Lloyd J Austin III. Austin menyebut pertemuan itu luar biasa. Apa yang dibahas?

Austin melalui akun Twitter-nya, @SecDef mengaku bahwa pertemuannya dengan Prabowo adalah sebuah pertemuan yang luar biasa. Keduanya membahas soal visi kemitraan pertahanan AS-Indonesia dan visi bersama.

"Saya baru saja menyelesaikan pertemuan luar biasa dengan Menteri Pertahanan Indonesia @prabowo. Kami membahas pentingnya kemitraan pertahanan AS-Indonesia dan visi bersama kami untuk tatanan berbasis aturan di Indo-Pasifik yang menjunjung tinggi hukum internasional," kata Austin.



Selain itu, tampak pula dalam video, Austin mengaku bangga bisa menjadi mitra Indonesia.

Sementara itu, Sekretaris Pers Pentagon John F Kirby mengatakan bahwa keduanya bertemu pada 20 November di Bahrain. Menhan AS bicara soal aturan di kawasan Indo-Pasifik.

"Menteri Pertahanan Lloyd J Austin III bertemu pada 20 November dengan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto di Manama, Bahrain, selama Dialog Manama tahunan. Menteri Austin menegaskan kembali kebijakan Amerika Serikat yang memperjuangkan tatanan berbasis aturan di Indo-Pasifik yang menjunjung tinggi hukum internasional dan didasarkan pada prinsip-prinsip bersama," kata John F Kirby dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/11/2021).

Dalam hal ini, Austin juga menegaskan bahwa AS mendukung kepemimpinan Indonesia di kawasan Indo-Pasifik. Hal yang dibicarakan juga terkait kerja sama terkait keamanan.

"Austin lebih lanjut menegaskan kembali dukungan Amerika Serikat untuk kepemimpinan Indonesia di kawasan dan pentingnya Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Para pemimpin membahas lingkungan keamanan regional dan latihan bilateral serta kerja sama keamanan," ungkapnya.

Simak juga 'Prabowo Hadiri Remembrance Sunday di TPU Menteng Pulo Bersama Dubes Inggris':

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/imk)