Bom Bunuh Diri Meledak di Mogadishu Somalia, Seorang Wartawan Tewas

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 21 Nov 2021 03:15 WIB
Ilustrasi Fokus Bom Bunuh Diri di Medan (Luthfy Syahban/detikcom)
Foto: Ilustrasi Fokus Bom Bunuh Diri (Luthfy Syahban/detikcom)
Mogadishu -

Bom bunuh diri meledak di Mogadishu, ibu kota Somalia. Seorang wartawan Somalia terkemuka yang merupakan kritikus kelompok jihad Al-Shabaab tewas dalam peristiwa itu.

Dilansir dari AFP, Minggu (21/11/2021), Al-Shabaab mengaku bertanggung jawab atas ledakan, yang menurut para pejabat menewaskan direktur Radio Mogadishu Abdiaziz Mohamud Guled. Serangan itu melukai dua orang lainnya, yakni direktur Televisi Nasional Somalia dan seorang pengemudi.

"Semoga Tuhan memberkati saudara saya Abdiaziz Mohamud Guled, dia adalah seorang pemberani bangsa yang hilang," kata wakil menteri informasi Somalia Abdirahman Yusuf Omar dalam sebuah pernyataan.

Pejabat pemerintah Ismael Mukhtar Omar, juga seorang rekan dari korban, mengatakan polisi telah mengkonfirmasi bahwa ledakan itu disebabkan oleh seorang pembom bunuh diri.

"Dia keluar dari restoran dan masuk ke mobilnya dengan seorang rekan setelah mereka makan malam dan pelaku bom bunuh diri berlari ke jendela mobil dan meledakkan dirinya sendiri," kata rekan lainnya, Ali Mohamed.

Al-Shabaab, yang melancarkan pemberontakan dengan kekerasan terhadap pemerintah negara yang rapuh dan sering menargetkan target politik, keamanan atau sipil, mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Guled terkenal karena wawancaranya dengan tersangka Al-Shabaab yang ditahan oleh pasukan keamanan Somalia dan programnya menarik banyak penonton di dalam dan di luar negeri.

Lihat juga video 'Bom Bunuh Diri di Uganda Terkait Kelompok Teroris':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)