Washington DC Cabut Aturan Wajib Masker Dalam Ruangan

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 16:23 WIB
Total kasus virus Corona (COVID-19) di Amerika Serikat (AS) melampaui angka 20 juta kasus saat tahun baru atau pada 1 Januari 2021.
Ilustrasi (dok. AP Photo)
Washington DC -

Warga Washington DC, ibu kota Amerika Serikat (AS), tidak lagi diwajibkan memakai masker saat berada di dalam ruangan (indoor) selama pandemi virus Corona (COVID-19). Pencabutan aturan wajib masker di Washington DC ini akan dimulai pekan depan.

Namun demikian, masker masih wajib dipakai di lokasi-lokasi tertentu, seperti di dalam transportasi umum dan sekolah. Demikian seperti dilansir AFP, Rabu (17/11/2021).

"Mulai Senin, 22 November, (Washington) DC akan mencabut aturan wajib masker dalam ruangan yang saat ini berlaku," ucap Wali Kota Washington DC, Muriel Bowser, dalam pernyataan via Twitter.

Disebutkan bahwa pencabutan aturan wajib masker ini dilakukan saat beban kasus Corona di kota tersebut mulai berkurang.

Bowser menyatakan bahwa bisnis swasta bisa membuat aturan mereka sendiri.

Namun dia juga menegaskan bahwa masker masih wajib dipakai di dalam kendaraan ride-share, perpustakaan, panti jompo, penjara, dan sejumlah kantor pemerintah setempat.

Otoritas kota Washington DC memberlakukan aturan wajib masker sejak akhir Juli lalu, baik yang sudah divaksin maupun yang belum divaksin, di tengah lonjakan kasus Corona terkait menyebar luasnya varian Delta yang mudah menular.