Militer Meksiko Tangkap Istri Gembong Narkoba Jalisco

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 09:47 WIB
Ilustrasi Napi Transgender di Penjara Pria
ilustrasi (Foto: Getty Images/iStock)
Mexico City -

Militer Meksiko menangkap istri dari gembong narkoba Nemesio Oseguera Cervantes alias 'El Mencho' yang memimpin kartel narkoba ternama, Jalisco. Penangkapan istri El Mencho ini memicu kekhawatiran aksi balasan sarat kekerasan dari kartel narkoba tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (17/11/2021), Rosalinda Gonzalez Valencia ditangkap Zapopan, bagian dari kota Guadalajara dan ibu kota dari negara bagian Jalisco pada Selasa (16/11) waktu setempat.

"(Penangkapan ini) Menjadi pukulan signifikan terhadap struktur keuangan kejahatan terorganisir di negara bagian Jalisco," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Meksiko.

Disebutkan bahwa Valencia ditahan atas berbagai tindak kejahatan, dengan bukti-bukti mengarah pada keterlibatannya dalam 'operasi keuangan gelap dari kelompok kejahatan terorganisir'.

Secara terpisah, seorang pejabat Meksiko yang enggan disebut namanya menuturkan bahwa dua Marinir diculik di Zapopan dan pemerintah khawatir jika penangkapan Valencia memicu reaksi keras dari kartel narkoba suaminya, Kartel Generasi Baru Jalisco (CJNG).

El Mencho yang mantan polisi, menjadi gembong narkoba paling dicari di Meksiko. Kartel Jalisco yang dipimpinnya secara luas dipandang sebagai geng narkoba paling berpengaruh di Meksiko, bersama Kartel Sinaloa yang dipimpin oleh Joaquin 'El Chapo' Guzman yang kini dibui di Amerika Serikat (AS).

Sosok El Mencho juga diburu otoritas AS sejak tahun 2018 dengan imbalan ditetapkan sebesar US$ 10 juta. Dia disebut telah mendalangi kemunculan Kartel Jalisco sebagai kerajaan kriminal yang mencakup lima benua dan menjadi salah satu dari sedikit bos kartel jangka panjang yang berhasil lolos dari penangkapan.