Geng Bersenjata di Nigeria Serang Warga, 15 Orang Tewas

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 02:50 WIB
A shot is fired by Canadas Zina Kocher as she competes in the Womens Biathlon 4x6 km Relay at the Laura Cross-Country Ski and Biathlon Center during the Sochi Winter Olympics on February 21, 2014, in Rosa Khutor, near Sochi.  AFP PHOTO / KIRILL KUDRYAVTSEV        (Photo credit should read KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP/Getty Images)
Ilustrasi (AFP)
Jakarta -

Sekelompok bersenjata berat menewaskan 15 warga sipil dalam 2 serangan terpisah di negara bagian Sokoto, Nigeria, dekat perbatasan dengan Niger. Geng kriminal yang dikenal secara lokal sebagai bandit telah meneror Nigeria selama bertahun-tahun, menyerbu dan menjarah desa, tetapi serangan meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Seperti dilansir AFP, Selasa (16/11/2021), puluhan pria bersenjata menyerbu ke kota Illela dan Goronyo Sokoto, Minggu (14/11) malam, menewaskan 15 warga, kata Gubernur Aminu Waziri Tambuwal.

"Kami kehilangan 12 orang di Illela... dan 3 di Goronyo karena serangan bandit yang dilakukan tadi malam hingga pagi ini," kata Tambuwal kepada anggota parlemen di mana dia mempresentasikan anggaran tahun depan.

Sejak September, pasukan Nigeria telah melakukan serangan darat dan udara di kamp-kamp bandit di negara bagian Zamfara yang bertetangga.

Untuk mengganggu komunikasi antara anggota geng, layanan telekomunikasi ditutup di Zamfara dan sebagian negara bagian Kaduna, Katsina dan Sokoto.

Bandit yang melarikan diri dari operasi militer di Zamfara telah mendirikan kamp di dekat perbatasan dengan Niger, termasuk di Sokoto, mereka melancarkan serangan terhadap masyarakat.

Bulan lalu bandit menembaki sebuah pasar di Goronyo, menewaskan 43 pedagang. Serangan itu terjadi beberapa hari setelah 19 orang tewas di pasar lain di kota Sabon Birni, di mana 17 tentara Nigeria tewas bulan sebelumnya.

Meskipun bandit tidak memiliki agenda ideologis yang diketahui, ada kekhawatiran yang berkembang atas infiltrasi oleh para teroris.

Di luar negara bagian barat laut dan tengah, pasukan keamanan Nigeria memerangi pemberontakan teroris berusia 12 tahun di timur laut negara itu.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Simak Video: Perbatasan Nigeria Diserang Ekstrimis, 69 Orang Tewas

[Gambas:Video 20detik]