Istana Buckingham Sebut Ratu Elizabeth II Alami Punggung Terkilir

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 02:14 WIB
London -

Ratu Elizabeth II mengalami punggung terkilir. Hal itu membuatnya batal tampil dalam peringatan tahunan di Cenotaph.

Dilansir AFP, acara yang batal dihadiri Ratu Elizabeth II adalah upacara penghormatan terhadap pasukan Inggris yang gugur dalam perang dunia 1. Padahal upacara ini akan menjadi penampilan Ratu Elizabeth II di hadapan publik untuk pertama kalinya sejak ia beristirahat lama karena kondisi kesehatannya.

Namun, hanya selang beberapa jam jelang upacara tersebut, Istana Buckingham mengabarkan Ratu Elizabeth II batal hadir.

"Ratu, setelah punggungnya terkilir, telah memutuskan pagi ini dengan sangat menyesal bahwa dia tidak dapat menghadiri kebaktian Remembrance Sunday hari ini di Cenotaph," kata pernyataan Istana Buckingham seperti dilansir AFP, Senin (15/11/2021).

"Yang Mulia kecewa karena dia akan melewatkan kebaktian," lanjutnya.

Putra sulungnya, Pangeran Charles (73) meletakkan karangan bunga atas nama Ratu Elizabeth II. Ketidakhadiran ini menjadi yang ketujuh kalinya Ratu Elizabeth II melewatkan upacara tahunan. 6 di antaranya karena kehamilan dan 1 lainnya karena adanya kunjungan ke negara lain.

Perdana Menteri Boris Johnson turut berkomentar terkait kesehatan Ratu Elizabeth II. Boris mengatakan 'dia sangat baik'.

Pada acara publik di Brixton, London, Kamis (11/11) lalu, seorang penonton bertanya kepada Pangeran Charles: "Bagaimana kabar ibumu?"

"Dia baik-baik saja," jawabnya.

(isa/isa)