Direktur CIA Bicara via Telepon dengan Putin, Apa yang Dibahas?

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 16:16 WIB
Russian President Vladimir Putin attends a meeting on the situation with the spread of the COVID-19 coronavirus disease in Russia, via a teleconference call at the Novo-Ogaryovo state residence outside Moscow on April 13, 2020. (Photo by Alexey DRUZHININ / SPUTNIK / AFP)
Vladimir Putin (dok. Alexey DRUZHININ/SPUTNIK/AFP)
Moskow -

Direktur Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (AS) atau CIA, Bill Burns, melakukan percakapan yang tergolong langka dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, pekan lalu. Apa yang dibahas keduanya?

Seperti dilansir CNN, Selasa (9/11/2021), percakapan langka antara Burns dengan Putin itu diungkapkan oleh dua sumber yang memahami langsung situasi tersebut. Disebutkan kedua sumber itu bahwa Burns menyampaikan kekhawatiran 'serius' AS soal pengerahan militer di sepanjang perbatasan Ukraina dan berupaya mencari tahu niat Rusia.

Secara terpisah, juru bicara Putin mengonfirmasi adanya percakapan tersebut. "Iya, percakapan seperti itu terjadi melalui telepon," sebut juru bicara Putin, Dmitry Peskov, kepada CNN pada Senin (8/11) waktu setempat.

Pada Jumat (5/11) lalu, CNN melaporkan bahwa Burns berkunjung ke Moskow saat kekhawatiran meningkat di kalangan pejabat AS soal kemungkinan intervensi militer Rusia yang diperluas di Ukraina.

Seorang sumber menuturkan kepada CNN bahwa AS memiliki 'kekhawatiran serius' soal penumpukan militer Rusia di perbatasan Ukraina. "Itu akan bodoh bagi kita untuk tidak mempertimbangkan kemungkinan adanya invasi atau serangan," sebut sumber tersebut.

Sementara itu, saat ditanya soal topik yang dibahas dalam percakapan telepon antara Putin dan Burns, Peskov menjawabnya secara diplomatis.

"Soal hubungan bilateral, situasi krisis dalam praktik diplomatik, dan bertukar pandangan soal konflik regional," ucap Peskov. "Tentu saja, masalah keamanan siber juga disebut," imbuhnya.