Inggris Laporkan Penyebaran Wabah Flu Burung di Tengah Pandemi COVID

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 06:26 WIB
Husbandry, housing business for the purpose of farming meat, White chicken Farming feed in indoor housing. Live chicken for meat and egg production inside a storage.
Ilustrasi flu burung (Foto: Getty Images/iStockphoto/chayakorn lotongkum)
London -

Pemerintah Inggris melaporkan penyebaran wabah flu burung H5 di wilayah Inggris tengah. Unggas yang terinfeksi bakal dimusnahkan.

Dilansir dari Reuters, Selasa (9/11/2021), wabah flu burung ditemukan di dekat Alcester di Warwickshire. Wabah itu terjadi kurang dari seminggu setelah Inggris mendeklarasikan Zona Pencegahan Flu Burung secara nasional.

Pemerintah meminta peternakan dan pemelihara burung untuk memperketat tindakan biosekuriti. Strain H5N1 sebelumnya telah dikonfirmasi di kawanan kecil ayam di halaman belakang di Wales utara.

Virus itu muncul di antara burung-burung yang ditangkap di Skotlandia timur dan di pusat penyelamatan burung di Inggris tengah.

Virus ini telah menyebar ke seluruh Eropa selama beberapa minggu terakhir. Ada beberapa negara yang telah melaporkan infeksi flu burung di wilayahnya, antara lain Prancis, Jerman, Italia, Belanda, dan Denmark.

Negara-negara di kawasan Eropa, termasuk Inggris, tengah menghadapi lonjakan kasus Corona beberapa pekan terakhir. Kasus Corona di negara-negara Eropa melonjak tajam dan disebut WHO sebagai episenter penyebaran Corona saat ini.

Simak juga video 'Inggris Negara Pertama yang Gunakan Molnupiravir Sebagai Obat Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)