Round-Up

Nasib Komandan Kapal Selam Nuklir AS yang Nabrak di Laut China Selatan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 06 Nov 2021 05:13 WIB
USS Connecticut, kapal selam nuklir milik Amerika Serikat
USS Connecticut (US Navy/Wikimedia Commons)
Washington DC -

Kapal selam nuklir Amerika Serikat (AS) USS Connecticut menabrak gunung bawah laut di Laut China Selatan. Insiden ini berpengaruh ke nasib komandan kapal selam itu. Sang komandan dipecat.

Seperti dilansir CNN, Selasa (2/11) kemarin, USS Connecticut itu tengah beroperasi di perairan yang menjadi sengketa ketika tiba-tiba menabrak sebuah objek misterius di dalam laut pada 2 Oktober lalu. Saat itu masih belum jelas objek apa yang ditabrak kapal selam AS ini.

"Penyelidikan menetapkan bahwa USS CONNECTICUT menabrak sebuah gunung bawah laut yang belum dipetakan saat beroperasi di perairan internasional di kawasan Indo-Pasifik," sebut juru bicara Armada ke-7 AS, yang beroperasi di perairan Pasifik Barat dan Hindia, dalam pernyataan kepada CNN.

Gara-gara menabrak gunung laut, kapal selam itu kemudian menuju ke pangkalan militer AS di Guam.

Sejumlah pejabat Armada Pasifik AS yang enggan disebut namanya, seperti dikutip Associated Press, menyebut sedikitnya dua awak yang ada di dalam USS Connecticut mengalami luka-luka sedang dan sembilan awak lainnya mengalami luka ringan seperti goresan dan memar.

Simak juga video 'Kapal Selam AS Tabrak Benda Misterius di Laut Cina Selatan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, nasib nuklir hingga nasib komandan: