Round-Up

Muncul Kecaman karena Delegasi Asing-Taliban Tak Libatkan Perempuan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 21:20 WIB
Seorang utusan Inggris dikabarkan melakukan pembicaraan dengan anggota senior pemerintah baru Taliban. Pertemuan itu membahas krisis kemanusiaan di Afghanistan.
Foto Momen pertemuan Taliban dengan Delegasi Asing yang Semuanya Laki-laki: (Administrative Office of the President via AP)
Jakarta -

Delegasi asing dan Taliban dikecam karena dalam pertemuan mereka tidak melibatkan perempuan sama sekali. Kecaman itu dilontarkan oleh Kepala HAM Independen Afghanistan, Shaharzad Akbar.

"Perempuan-perempuan senior dalam tim Anda seharusnya memimpin interaksi Anda dengan Taliban... Jangan kesampingkan perempuan," cetus kepala Komisi Hak Asasi Manusia (HAM) Independen Afghanistan, Shaharzad Akbar melalui akun Twitternya.

Seperti dilansir AFP, Rabu (27/10/2021), sejak berkuasa kembali di Afghanistan pada Agustus lalu, Taliban mengabaikan perempuan dari pemerintahan mereka dan membatasi akses perempuan terhadap pekerjaan juga pendidikan, yang memicu kecaman global.

Namun keterwakilan perempuan sedikit lebih baik dalam pertemuan antara beberapa pemerintahan dan kelompok kemanusiaan dengan Taliban, yang tengah mencari pengakuan internasional.

Masih dengan pernyataan Akbar, falam pernyataan via Twitter yang ditujukan untuk 'pemerintah dan badan kemanusiaan', Akbar menyerukan mereka untuk 'TIDAK MENORMALISASI penghapusan perempuan oleh Taliban'.

Heather Barr dari Human Rights Watch (HRW) bahkan membuat daftar yang mencantumkan foto-foto yang diposting Taliban soal pertemuan mereka dengan berbagai delegasi di Kabul.

"Negara-negara asing dan khususnya organisasi kemanusiaan seharusnya memimpin dengan memberi contoh," ucap Barr kepada AFP. "Tidak ada seorangpun boleh membiarkan Taliban berpikir bahwa dunia khusus laki-laki seperti ini yang mereka ciptakan... adalah wajar," imbuhnya.