PM Kanada Umumkan Kabinet Terbaru, Ada Menteri Kesehatan Mental

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 11:54 WIB
Perdana Menteri Kanada  Justin Trudeau menghadiri Komite Khusus membahas penanganan COVID-19 di House of Commons on Parliament Hill, Ottawa, Kanada.
Justin Trudeau (dok. AFP/DAVE CHAN)
Ottawa -

Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Trudeau, mengumumkan kabinet terbarunya setelah melakukan perombakan usai partainya memenangkan pemilu parlemen bulan lalu. Komposisi kabinet baru Trudeau dinilai seimbang secara gender dengan jabatan Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan dipegang oleh perempuan.

Trudeau juga menciptakan posisi baru, yakni Menteri Kesehatan Mental dan Kecanduan. Demikian seperti dilansir Associated Press, Rabu (27/10/2021).

Dalam pengumumannya pada Selasa (26/10) waktu setempat, Trudeau menunjuk Melanie Joly sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu) dan Anita Anand sebagai Menteri Pertahanan (Menhan). Sementara Chrystia Freeland mempertahankan jabatannya sebagai Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan.

Perempuan mencapai separuh dari jajaran kabinet Trudeau sejak pemerintahannya pertama menjabat tahun 2015 lalu.

Menlu Joly (42) sebelumnya diketahui menjabat sebagai Menteri Pembangunan Ekonomi dan sebelum itu menjabat Menteri Warisan. Sedangkan Menhan Anand (54) mencetak sejarah sebagai wanita kedua yang menjabat sebagai Menhan Kanada -- setelah Kim Campbell tahun 1990-an lalu.

Anand sebelumnya menjabat Menteri Pengadaan dan memimpin upaya Kanada dalam mendapatkan vaksin untuk memerangi pandemi virus Corona (COVID-19).

Anand ditunjuk menggantikan Harjit Sajjan yang menuai kritik keras terkait caranya menangani berbagai tuduhan pelecehan seksual dalam militer Kanada. Sajjan menempati jabatan baru sebagai Menteri Pembangunan Internasional.

Steven Guilbeault yang pernah bekerja untuk Greenpeace ditunjuk menjadi Menteri Lingkungan, langkah yang dinilai bisa memicu kekhawatiran di Provinsi Alberta yang kaya akan minyak.