Corona Naik Lagi, China Tunda Perhelatan Maraton Beijing

Mutia Safira - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 11:14 WIB
Corona Viruses against Dark Background
Foto: Getty Images/loops7
Jakarta -

Perhelatan maraton Beijing yang dijadwalkan akhir pekan ini telah ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut. Penundaan dilakukan seiring China sedang bergelut untuk membasmi wabah Corona dan mengembalikan ke kondisi nol kasus COVID-19 menjelang Olimpiade Musim Dingin.

Dilansir dari kantor berita AFP, Senin (25/10/2021), 39 kasus baru domestik COVID-19 telah dilaporkan China pada hari Senin (25/10) ini, dalam wabah yang disebarkan oleh sekelompok turis.

Pihak penyelenggara maraton Beijing dalam sebuah penyataan pada Minggu (24/10) menyatakan bahwa event tersebut akan ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut "untuk mencegah risiko penyebaran epidemi (dan) secara efektif melindungi kesehatan dan keselamatan mayoritas pelari, staf, dan penduduk."

Sekitar 30.000 peserta diperkirakan akan mengikuti acara yang digelar pada 31 Oktober tersebut.

Acara lain yaitu maraton Wuhan, yang dijadwalkan berlangsung Minggu (24/10), juga dibatalkan di tengah kekhawatiran atas melonjaknya kasus infeksi virus Corona. Event di Wuhan, yang merupakan kota tempat infeksi virus Corona pertama kali diidentifikasi pada akhir 2019 lalu, rencananya akan diikuti oleh 26.000 peserta baik kategori maraton penuh maupun sebagian.

Otoritas China telah berusaha untuk mengendalikan sebaran virus melalui pengujian massal penduduk dan pembatasan, seiring wabah menyebar di sebelas provinsi.

Sehubungan dengan adanya kluster baru terkait pariwisata di seluruh negeri, otoritas China pada hari Minggu (24/10) mengumumkan penangguhan kelompok wisata lintas provinsi di lima wilayah di mana kasus COVID-19 terdeteksi, salah satunya di ibu kota Beijing.

Beberapa kota, termasuk ibu kota provinsi Gansu, Lanzhou dan sebagian wilayah Mongolia Dalam telah memberhentikan sementara layanan bus dan taksi serta menutup tempat-tempat wisata.

Pejabat kesehatan setempat menyatakan bahwa rentetan kasus domestik baru-baru ini memperlihatkan adanya jenis varian Delta dari luar negeri.

Simak juga 'Peringatan China ke WHO soal Rencana Baru Cari Asal Usul Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)